Samarinda– Dalam meningkatkan proporsi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tugasnya fokus berdasarkan keilmuan dan kinerja, Pranata Humas memegang peranan strategis dalam pengelolaan kehumasan diunit kerja masing-masing. Tidak hanya itu, juga sebagai pengelola dan penyedia pelayanan informasi.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov Kaltim Eka Wahyuni mengatakan Pranata Humas merupakan salah satu jabatan fungsional ASN yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan informasi dan kehumasan, baik informasi berskala nasional maupun daerah ataupun lokal.

“Pranata Humas memegang peran strategis dalam pengelolaan kehumasan di satuan kerja masing-masing. Memegang peranan penting bagi pencitraan organisasi, yaitu sebagai pengelola, penyedia dan pelayan informasi bagi suatu organisasi,” katanya pada acara Raker dan Bimtek Pranata Humas se-Kalimantan Timur di ruang Kudungga Diskominfo Prov Kaltim, Selasa (10/9).

Menurut Eka, pada era keterbukaan, masyarakat membutuhkan informasi yang dikemas sesuai dengan kebutuhan khalayak dan disebarluaskan melalui saluran yang tepat. Diharapkan Pranata Humas dapat melakukan refleksi dan introspeksi, sehingga mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan tuntutan organisasi.

Hal ini menjadi penting agar dapat menyukseskan berbagai program pemerintah dalam menyebarluaskan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah. Pranata Humas wajib membangun citra dan reputasi positif pemerintah dengan menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan sesama Pranata Humas. Serta, untuk membangun mitra media massa.

“Pranata Humas harus menjalankan tugas secara profesional seperti memahami cara berkomunikasi yang baik, memahami budaya birokrasi dan memahami adat istiadat masyarakat setempat. Sehingga, pesan atau informasi yang dibutuhkan publik dapat disediakan atau tersampaikan dengan baik serta citra positif pemeritah secara keseluruhan dapat terwujud,” paparnya. (Diskominfo/Cht)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *