Samarinda—Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan teknologi komunikasi dan informatika wilayah pedesaan di Indonesia tak tertinggal di Kaltim, ICON+ mempersembahkan Internet Desa dengan sebutan Ides Cafe yang di resmikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno berpusat di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Peresmian Ides Cafe secara bersamaan menggunakan sambungan telekomunikasi Video Konfrence di 8 kabupaten/kota di Indonesia yakni Desa adat sidayu tojan Klungkung-Bali, Desa budaya pampang Samarinda- Kaltim, Desa kuala langsa-kota langsa, Desa lenggang Kab. Belitung timur, Desa Mandalamekar-Kab Tasikmalaya, Desa dieng wetan-Kab. Wonosobo, Desa ketapang-banyuwangi Dan Pantai Losari Makassar.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kaltim Diddy Rusdiansyah menyambut baik langkah ICON+ dalam membangun iDes Cafe untuk menyambung internet sampai ke desa-desa. Diddy menambahkan, kedepan Kominfo bersama dengan ICON+ akan bekerja sama guna membuka akses internet di berbagai pelosok di Kaltim.

“Alhamdulillah, hari ini kita secara langsung meresmikan Ides Cafe di desa Pampang yang kita beri nama Uma Dado dan Insha Allah Pelan-pelan Kominfo dan pihak ICON+ akan bekerja sama guna membuka akses internet di berbagai pelosok di Kaltim. kedepan kita akan siapkan 2 area yaitu di tepian Mahakam dan Taman Samarendah yang serupa dengan ini juga,”ujar Diddy, Selasa(10/9).

Sementara itu, General Manager SBU Balikpapan Lantip Sasmito, menerangkan dalam pengelolaan dan pengoperasiannya, Ides Cafe melibatkan secara langsung pemerintah daerah atau desa, komunitas-komunitas masyarakat desa seperti komunitas petani, nelayan, perajin, pedagang, BUMDES, dan pelaku UMKM lainnya, serta Kementerian lainnya.

“Ini adalah salah satu program dari PT ICON+ untuk menyediakan akses internet gratis bagi masyarakat desa yang Kami beri nama ides Cafe khusus untuk Pampang Omah Dado. Dan kita berharap karena Pampang adalah salah satu destinasi wisata di kota samarinda, dengan kehadiran internet di desa ini dapat memberikan akses informasi bagi masyarakat desa satunya bisa meningkatkan pariwisata dan lebih di kenal lagi oleh masyarakat luas,”Jelasnya

Ia menambahkan, program idescafe ini sebenarnya sudah berjalan 3 tahun yang lalu dan sampai saat ini, ICON+ telah membangun Ides Cafe 3.170 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Sudah ada lebih dari 3 ribu desa yang sudah tersambung dengan idescafe ini. Dan hari ini secara umum di resmikan langsung oleh Ibu Menteri BUMN Rini Soemarno. Tentu target kedepan kita akan perbanyak lagi idescafe di bebagai pelosok di wilayah nusantara khususnya kaltim,”Tambahnya.

Lantip Berharap, dengan Ides Cafe  diharapkan bisa membantu meningkatkan sektor ekonomi di pedesaan dan dapat semakin meluaskan jaringan pemasaran petani.

“Kita berharap karena Pampang adalah salah satu destinasi wisata di kota samarinda, dengan kehadiran internet di desa ini dapat memberikan akses informasi bagi masyarakat desa satunya bisa meningkatkan pariwisata dan lebih di kenal lagi oleh masyarakat luas,”Pungkasnya.

Diketahui Ides Cafe merupakan program internet rakyat yang diinisiasi oleh ICON+ anak perusahaan PT PLN (Persero) dengan menargetkan akan ada lebih dari 15.000 Ides Cafe di seluruh Indonesia.

Turut hadir Kepala Bidang Teknologi Informasi Drs. Dianto,  Kepala Adat Desa Budaya Pampang Esrom Palan, Sekretaris Diskominfo Kota Samarinda Masrullah,Manager Pemasaran dan Penjualan SBU Balikpapan Rudy Mulyadi.(Diskominfo/Rey)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *