Samarinda— Public Speaking atau kemampuan berbicara di depan khalayak ramai memanglah sebuah disiplin ilmu yang bisa dipelajari semua orang. Namun tak hanya secara teori saja, praktek dan latihan sangat diperlukan untuk mengasah kemampuan seseorang dalam melakukan Public Speaking yang baik dan Ideal.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov Kaltim Diddy Rusdiansyah mengatakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Diskominfo Kaltim untuk seluruh Pranata Humas se-Kab/Kota untuk meningkatkan kemampuan para Pranata Humas terkait berbicara di depan publik.

“Tugas pokok dan fungsi Humas selalu bersentuhan dengan publik. Bagaimana kita harus memberikan informasi seluas-luasnya secara positif dan jelas kepada publik. Karena itu, kegiatan ini sangat penting untuk diikuti,” katanya saat ditemui di sela kegiatan Bimtek Public Speaking Pranata Humas se-Kab/Kota Prov Kaltim di Kantor Diskominfo Jalan Basuki Rahmat, Rabu (11/9).

Diddy juga menyebut agar seorang Pranata Humas dapat menjalin hubungan baik dengan media dan wartawan. Hal itu penting agar segala sesuatu yang dikomunikasikan Humas ditanggapi positif oleh media.

“Hubungan antara Humas dengan media dan wartawannya harus dijaga secara baik. Misalnya, Humas memberikan akses mudah bagi media dan wartawan untuk mendapat informasi. Ini juga perlu kemampuan Public Speaking yang baik,” sebutnya.

Sementara itu, I Made Kertayasa yang menjadi pembicara menjelaskan, untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik bukanlah hal yang sulit.

“Seringnya kita takut duluan, ini persoalan mental. Kemudian kadang kita tak siap karena tak tahu harus bicara apa, ini masalah konten,” jelasnya.

Menurutnya, banyak orang yang menghindar berbicara di depan publik karena tak pernah latihan. Padahal, tidak hanya pemula, orang yang sudah mahir dalam Public Speaking pun biasanya membuat poin-poin penting sebelum berbicara di depan umum. Hal ini membuat penyampaiannya lebih mudah dan tentunya lebih terstruktur.

“Jadi kuncinya konten, mental, dan latihan. Semuanya bisa dipelajari dengan mudah. Yang jelas dalam Public Speaking yang disampaikan harus teratur, terukur dan terstruktur,” imbuh Made yang sudah bersertifikat Profesional Public Speaker IPSA. (Diskominfo/Cht)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *