SAMARINDA— Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kesehatan Prov. Kaltim menggelar pertemuan lintas sektor kesehatan lansia, yang dilaksanakan di Ruang Tepian 2, Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (9/10).

“Adanya pertemuan lintas sektor, pelayanan kesehatan bagi para lanjut usia bisa berjalan lebih baik dan lebih efektif menuju usia harapan hidup,” hal tersebut diungkapakan Kepala Biro Kesejahteraan Rakya (Kesra) Setdaprov Kaltim, H. Elto mewakiki Gubernur Kaltim H. Isran Noor.

Menurutnya, masalah utama lanjut usia adalah pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan, oleh karena itu perlu dikembangkan pelayanan kesehatan yang lebih baik mengutamakan upaya peningkatan dan pencegahan dan pemeliharaan kesehatan.

Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi serta menyelaraskan keyerpaduan dengan lintas program terkait program pelayanan kesehatan lansia agar lansia dapat hidup sehat.

Sementara Kasi Kesehatan Keluarga, Nurhasana menjelaskan ada beberapa permasalahan besar yang ada di Provinsi Kalimantan Timur terkait dengan program kesehatan lansia yaitu pertama belun ada regulasi terkait program kesehatan lansia, kedua belum ada rencana aksi daerah. Untuk menjawab dan memberikan masukan-masukan terhadap permasalahan di atas, maka diperlukanlah kegiatan-kegiatan yang outputnya nanti diharapkan ada regulasi peraturan-peraturan yang terkait dengan program kesehatan lansia.

Dirinya juga mengatakan tujuan khusus pada kegiatan ini juda dalam adalah meningkatkan kemitraan lintas program dan lintas sektor terkait dengan kegiatan program kesehatan lansia yang berkesinambungan dan berkelanjutan. (diskominfo/ris)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *