SANGATTA – Puncak hari jadi dua dekade Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ditandai dengan pelaksanaan upacara gabungan di Halaman Kantor Bupati, Sabtu (12/10/2019). Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Kutim H Ismunandar. Secara umum upacara berlangsung lancar dan hikmad diikuti oleh ribuan peserta upacara di lapangan dan para pejabat lingkup Pemkab Kutim serta undangan di panggung kehormatan.

Upacara HUT ke 20 Kutim ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, Sekretaris Kabupaten H Irawansyah bersama seluruh pejabat structural Pemkab Kutim. Tak hanya itu Ketua DPRD Kutim Ny Hj Encek UR Firgasih bersama anggota legislative juga terlihat duduk dijajaran kursi VIP. Termasuk undangan perwakilan perusahaan dan organisasi kemasyarakatan. Disekeliling lapangan upacara nampak ribuan masyarakat Sangatta menyaksikan jalannya prosesi upacara dengan antusias.

Pembacaan sejarah singkat Kabupaten oleh Asisten Pemkesra Suko Buono mengawali rangkaian inti upacara. Dirangkai mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara, pembacaan Visi Misi Kabupaten Kutim dan Prinsip Tata Pemerintahan yang Baik.

Bupati Kutim H Ismunandar pada kesempatan kali ini menyebut rangkaian peringatan HUT ke 20 Kutim dilaksanakan secara sederhana. Meski demikian tak mengurangi makna dan semangat hari jadi kabupaten.

“Peringatan Hari Ulang Tahun ke-20 Kutai Timur kali ini mengangkat tema ‘Dengan Hari Jadi Kabupaten Kutai Timur Ke-20 Kita Maju Bersama Untuk Kutai Timur Berjaya’. Berkenaan dengan tema tersebut saya mengimbau kepada seluruh jajaran aparatur pemerintah dan masyarakat Kutai Timur untuk selalu menjaga tali silaturahim dan kebersamaan yang didasari oleh kesatuan dan persatuan yang kokoh. Serta toleransi antar umat beragama dalam mendukung program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Kutai Timur secara fokus dan tuntas,” imbau Ismu yang bergelar Pangeran Surya Praja dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Dengan mengenakan pakaian adat Kutai warna putih, Ismu menjelaskan bahwa peringatan HUT ke-20 Kutim kali ini, dilaksanakan sederhana. Namun tidak mengurangi makna kemeriahaan secara keseluruhan. Sejumlah kegiatan juga telah dilaksanakan seperti lomba-lomba Olah Raga Tradisional,  Hiburan dan Pentas Seni, Pawai Budaya dan Fashion Carnival serta Pameran Pekan Raya Kutim Expo. Pameran Pekan Raya Kutim Expo ini bertujuan untuk memberikan informasi capaian hasil pembangunan Kabupaten Kutim selama ini. Semua itu dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur ke hadirat Allah SWT atas pertambahan umur yang diberikan kepada Kabupaten Kutim.

“Dalam usia ke-20 tahun Kutai Timur terus berpacu dengan waktu dalam berbagai geliat pembangunan. Sungguh nikmat yang luar biasa melihat rakyat Kutai Timur dapat hidup sejahtera dan harmonis, tenang serta damai lahir batin,” tambahnya.

Penyerahan belasan penghargaan ikut mengisi rangkaian puncak hari ulang tahun kabupaten. Termasuk persembahan penampilan dua marching band. Yakni Gita Ananta Santika dari Yonzipur Kodam VI Mulawarman dan Waditra Prima Sangatta dari PT KPC. Seluruh rangkaian upacara berakhir dengan suguhan tarian massal dari 200 siswa SMPN 1 Sangatta Utara. Dengan judul tarian “Majulah Kutimku Jayalah Negeriku”.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *