Samarinda— Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kaltim Chaerul Amir mengungkapkan telah menyiapkan jajarannya untuk turut serta mengawal pelaksanaan dan pemanfaatan dana desa melalui program “Jaksa Mengawal, Desa Membangun”. Satuan tugas yang dipersiapkan untuk melaksanakan program tersebut dengan cara ikut langsung sejak perencanaan.

“Program ini akan kami sinergikan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Intinya Jaksa punya peran dan harus terlihat bahwa desa tersebut terbangun. Kita biarkan desa berinovasi membangun daerahnya, kita cukup mengawal saja. Sehingga kita bisa memastikan desa tersebut setiap tahun ada perubahan dari dana desa,” ungkapnya pada acara Arahan Kajati di Ruang Ruhui rahayu Kantor Gubernur Kaltim, rabu (15/1).

Menurut Chaerul, dana desa yang ada di APBN yang diturunkan kepada desa untuk pembangunannya dimaksimalkan sesuai peruntukan supaya terlihat hasilnya. Jaksa mengawasi pembahasan sampai penetapan, dan mengawasi pelaksanaan dana desa, termasuk pekerjaan non fisik hingga pertanggungjawaban penggunaan dana desa.

“Program ini bisa berkontribusi dalam meningkatkan hingga memasuki tahapan desa berkembang, desa mandiri, desa sejahtera,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, Kajati menjelaskan, ada tiga satgas yang telah ia bentuk untuk mengawasi pembangunan yang ada di Kaltim, yakni satgas bidang pertambangan dan kehutanan, satgas penanganan dan investasi usaha, serta satgas pendampingan, pengelolaan dan pembinaan program pembangunan dana desa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *