Kalimantan Timur kembali mendapat kepercayaan untuk menggelar event olahraga, kali ini Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) IV 2020 yang akan dilaksanakan Bulan September mendatang.

Sejumlah langkah persiapan tengah dilakukan guna mempersiapkan event yang mempertandingkan 8 Cabang Olahraga (cabor) tersebut diantaranya Tenis Meja, Tenis Lapangan, Pencak Silat, Bola Basket, Bola Volley, Sepakbola, Sepak Takraw dan Bulutangkis.

Para pengurus Pengprov Cabor pun turut dilibatkan guna melengkapi Data Wasit Nasional yg di miliki Cabor Provinsi, penyiapan Atlet dari masing-masing Cabor, Venue Pertandingan, serta hal penunjang lainnya.

Kadispora Kaltim, Muhammad Syirajudin mengatakan bahwa
Popwil IV akan diikuti sejumlah Provinsi yang tergabung dalam wilayah IV yakni Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, dan tuan rumah Kalimantan Timur yang menjadi babak kualifikasi menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS).

“POPWIL merupakan agenda rutin Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menjadi sarana dan Babak Kualifikasi  8 (delapan) cabor sekaligus sebagai awal evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di daerah menuju POPNAS,”jelasnya didampingi Plt. Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Agus Tianur.

Levih lanjut disampaikannya bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari Sistem Kompetisi Olahraga Pelajar secara Nasional yang berjenjang dan berkelanjutan.

“Koordinasi kita lakukan sejak awal termasuk rutin ke Kemenpora, apalagi nantinya sesuai surat yang kami terima, awal Maret mendatang Kaltim akan mempresentaikan kesiapan sebagai tuan rumah dalam kegiatan Lokakarya Pembibitan dan rakernas Badan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) di Yogyakarta,”katanya.

Ditambahkannya bahwa dalam kegiatan yang digelar oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora tersebut, Kaltim akan mempersentasikan kesiapan bersama Sumatera Barat dan Maluku Utara yang juga menjadi penyelenggara di wilayah masing-masing.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *