BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan menerapkan pembatasan wilayah yang dijaga ketat petugas keamanan demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Termasuk meminta masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah hingga kondisi kembali kondusif.

Hal tersebut membuat masyarakat bingung cara memenuhi kebutuhan harian. Tak ayal, pengalihan alternatif seperti belanja online mulai digalakkan.

Pedagang di pasar tradisional pun mengikuti pemanfaatan teknologi tersebut. Menjaga tetap ada pendapatan harian para pedagang di pasar.

Salah satu yang menerapkannya yaitu pedagang Pasar Klandasan Balikpapan. Beberapa menawarkan pesan antar sayur, hingga sembako kerumah konsumen. Pedagang pasrah mengharapkan pembeli ramai di pasar ditengah kondisi saat ini.

“Makanya kami beralih ke online. Pemesanan dilakukan di media sosial pribadi saya, seperti promosi di Facebook, Whatsapp dan Instagram. Mulai menerapkan 10 hari belakangan,” ujar Rusdi, pedagang sayur di Pasar Klandasan, Kamis (2/4/2020).

Transaksi pesan antar, lanjutnya dengan penambahan biaya pengantaran. Rusdi menyebut, pembelian online yang dilakukan konsumen tidak cukup menguntungkan. Ia pun menghadapi beberapa kendala. Menurutnya transaksi langsung lebih menguntungkan.

Selain itu, lokasi pengantaran barang yang jarak tempuhnya cukup jauh. “Kalau seperti itu, saya memanfaatkan jasa kurir ojek online,” tambahnya.

Diketahui, pasar Klandasan terdapat tandon untuk mencuci tangan bagi pengunjung yang keluar masuk pasar. Hal ini sebagai bentuk peduli kebersihan pemerintah kota pada fasilitas umum yang ada.

Salah satu warga yang memanfaatkan belanja online adalah Hardianti. Ditengah kondisi saat ini, yang mengharuskan ia tetap tinggal dirumah, belanja online membantu dapurnya tetap mengepul.

“Belanja di aplikasi, ojek online kan menyediakan layanan itu. Belanja kebutuhan pokok, jajan anak, sayur mayur dilakukan disana. Terbantu sih, tapi namanya ibu rumah tangga, lebih enak kalau pilih-pilih sendiri di tempatnya. Mudah-mudahan wabah ini cepat berakhir,” pungkasnya. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *