Samarinda – Anak merupakan amanah dan karunia dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa memiliki harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya. Untuk menjamin dan melindungi hak haknya agar dapat hidup dan berkembang secara optimal. Selain itu anak dalam situasi dan kondisi tertentu perlu mendapat perlindungan khsusus untuk mendapatkan jaminan rasa aman terhadap ancaman yang membahayakan diri dan jiwa dalam tumbuh kembangnya.

Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, mengadakan acara Fasilitasi Penyusunan Kebijakan Daerah dalam Pelaksanaan Sistem Peradilan Anak di Kaltim, acara dilangsungkan di Ballroom Quen Mary Hotel Aston Samarinda, Kamis (3/10).

“Berbicara tentang isu perlindungan anak yang berhadapan dengan hukum dalam sistem peradilan pidana anak termasuk program lintas bidang yang banyak melibatkan dinas/instansi vertikal, ungkap Hasan Asisten deputi perlindungan anak.

Oleh karena itu perlu dikoordinasikan dengan baik sehingga tercipta keterpaduan dan kerjasama semua pihak, sehingga diharapkan sistem peradilan pidana anak dapt terlaksana dengan optimal sebagaimana yang diharapkan dalam undang undang sistem peradilan pidana anak.

Indonesia sebagai negara pihak dalam Konvensi tentang hak-hak anak berkewajiban untuk memberikan perlindungan khusus terhadap anak berhadapan dengan hukum, yang diwujudkan melalui sistem peradilan pidana khusus bagi anak berhadapan hukum yang didalamnya terkandung prinsip keadilan restoratif.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *