SAMARINDA — Di era digital saat ini tentunya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah sangat pesat. Hal ini menjadi nilai positif dan dapat dimanfaatkan dalam hal meningkatkan layanan kepada masyarakat, untuk menampung dan menyalurkan aspirasi/aduannya terkhusus kepada Pemerintah.

Hal ini mengingat semakin meningkatnya  tuntutan  masyarakat  atas  tata kelola pemerintahan  yang  baik  menjadikan pemberian  pelayanan  sebagai  salah  satu  sektor yang  perlu  mendapat prioritas,  khususnya terkait manajemen  pelayanan aspirasi dan aduan  masyarakat  yang  ada di sektor publik.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan prioritas utama  dibidang pelayanan atas aspirasi/pengaduan yang berasal dari masyarakat. Pelayanan yang baik, efisien dan efektif dapat memberikan  harapan akan terpenuhinya rasa keadilan dan tersalurkannya aspirasi masyarakat.

Dalam sambutannya Sekretaris Diskominfo Kaltim menyampaikan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya melalui Seksi Pengelolaan Domain dan Aplikasi, Bidang Aplikasi Informatika, memiliki peran penting dalam urusan pengembangan aplikasi dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Berdasarkan identifikasi permasalahan yang terjadi dalam proses pelayanan aspirasi/aduan masyarakat, dilakukan pengembangan aplikasi yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Adapun aplikasi yang dikembangkan oleh Diskominfo Provinsi Kaltim adalah ASPIRASI ETAM (Layanan Online Penyampaian Aspirasi/Aduan Masyarakat Provinsi Kalimantan Timur),”jelas Eka bertempat di Hotel MJ Samarinda dalam Bimtek Aplikasi Layanan Aspirasi Etam, (24/10).

Ditambahkannya bahwa Rencana pengembangan selanjutnya adalah pada sisi managemen sistem sehingga dapat menghubungkan aplikasi ASPIRASI ETAM dengan SPAN LAPOR!, PPID Provisi Kalimantan Timur, Media Center dan Unit Layanan Pengaduan.

“Dengan diterapkannya aplikasi ASPIRASI ETAM ini, diharapkan aspirasi/aduan masyarakat dapat terlayani dan meningkatkan kinerja ASN agar pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien. Diharapkan pengembangan aplikasi ini akan lebih meningkatkan kualitas dan meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses penggunaannya,”tukasnya mengakhiri sambutan. (DISKOMINFO/Lely)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *