Samarinda— Rumah Sakit Atma Husada Mahakam Samarinda patut berbangga diri karena berhasil menjadi juara pertama atas penghargaan Kawasan Tanpa Rokok. Penilaian tersebut dilaksanakan tim Dinas Kesehatan Kaltim dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55.

Menurut Wakil Direktur Umum dan Keuangan RS Atma Husada Mahakam Haris Nur Herlan prestasi ini merupakan hasil dari komitmen yang tinggi dengan terus berupaya menciptakan lingkungan yang bebas dari asap rokok. Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2013, tentang Kawasan Tanpa Rokok. 

“Keberhasilan ini adalah komitmen Ibu Direktur dan seluruh pegawai. Dimulai dengan memastikan tidak ada pegawai yang merokok. Disamping pelayanan yang bersih, kawasan juga harus bersih tanpa rokok. Alhamdulillaah penghargaan KTR ini bisa kita capai,” ungkapnya saat ditemui usai menerima penghargaan pada puncak HKN di Galaman Kantor Gubernur, Selasa (12/11). 

Adapun program-program yang dilaksanakan untuk mendukung KTR adalah sosialisasi di lingkungan rumah sakit. Ada pengawasan yang terus dilakukan untuk mencegah bila ada yang membawa, menjual, atau bahkan merokok di rumah sakit.

Setelah pegawai, menurut Haris pola tersebut harus dikembangkan kepada pasien, keluarga pasien atau pengunjung rumah sakit. Caranya dengan menganjurkan kepada pengunjung untuk menaati peraturan dan rambu-rambu yang terpasang di sejumlah titik rumah sakit. Seperti dilarang merokok dan membawa rokok saat membesuk.

“Tentu kita mengimbau dan menegur secara santun. Pasien pun yang awalnya perokok berat, alhamdulillah mendukung kita,” imbuhnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *