Jakarta, 2019 – Pada tahun 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,76%. Angka ini bahkan turun dari survei yang diadakan pada tahun 2013, yaitu 17,84%. Ini berarti, kira-kira hanya satu dari tujuh orang Indonesia yang paham mengenai peran penting dan ragam produk asuransi yang ada di pasaran. Dari total populasi yang mencapai 265 juta jiwa, baru 1,7% penduduk Indonesia yang terdata memiliki asuransi. Angka ini jauh di bawah rata-rata persentase kepemilikan asuransi di dunia, yaitu 6,1%.
Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari rendahnya tingkat literasi asuransi di Indonesia. Selain karena tantangan geografis dan kurangnya akses terhadap informasi, masyarakat juga sering kebingungan dengan banyaknya ragam, tawaran, dan istilah seputar dunia asuransi yang kurang mudah dipahami.
Berdasarkan temuan dari data tersebut, Lifepal pun diluncurkan pada tahun 2019. Lifepal sendiri merupakan platform all-in-one untuk membandingkan dan membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan sesuai dengan preferensi pelanggan.
Melalui situs ini, masyarakat dapat dengan mudah dan transparan mencari asuransi sesuai kebutuhan dan anggaran mereka. Lifepal telah bekerjasama dengan lebih dari 20 perusahaan asuransi untuk memberikan ragam layanan dan produk asuransi terbaik untuk individu, keluarga, hingga perusahaan.
“Kami percaya bahwa dengan perlindungan finansial yang baik, semua orang dapat menikmati hidup yang stabil dan tenang bersama orang terkasih. Misi kami adalah memberikan akses perlindungan kesehatan dan jiwa kepada semua orang. Melalui situs Lifepal, kami dapat menjangkau seluruh penduduk Indonesia tanpa batasan jarak dan waktu,” ungkap Benny Fajarai, Co-founder dan Head of Marketing di Lifepal.
Sebagai perantara, Lifepal berpihak penuh pada kepentingan pelanggan. Oleh karena itu, proses membeli asuransi di Lifepal secara tidak langsung berjalan seperti konsultasi. Tim Lifepal telah menganalisa lebih dari 300 polis dari 20 perusahaan asuransi di Indonesia, khususnya polis kesehatan dan jiwa. Pelanggan hanya perlu menjawab pertanyaan dasar seperti data diri dan kebutuhan asuransi. Setelah itu, situs ini menggunakan algoritma canggih untuk memilih polis yang cocok dan merekomendasikannya kepada individu dan keluarga di Indonesia.
Diharapkan platform Lifepal memungkinkan pelanggan untuk membandingkan pilihan asuransi yang lengkap dan transparan, melakukan pembelian dimana saja dan kapan saja dengan harga yang kompetitif, serta mendapatkan bantuan menyeluruh, bahkan setelah transaksi pembelian selesai. Tim Lifepal berkomitmen untuk membantu pelanggan 24 jam sehari dalam proses klaim, pertanyaan pelanggan, dan kebutuhan lainnya.
Reza Muhammad, Co-founder dan Head of Technology di Lifepal, mengatakan,
“Kami percaya bahwa dengan memanfaatkan tim terbaik dan teknologi canggih, Lifepal dan mitra-mitra asuransi dapat memberikan informasi yang tepat dan transparan, sehingga bisa menjaga kepercayaan masyarakat dan memberikan layanan terbaik untuk nasabah.”
Lifepal menyediakan pilihan paket asuransi kesehatan dan jiwa yang lengkap, mulai dari Paket Keluarga, Paket Penyakit Kritis, Paket Kehamilan, hingga Paket Lanjut Usia. Setiap paket telah melindungi pelanggan dari biaya rawat inap, biaya medis pra-opname dan pasca-opname, biaya rawat harian, perawatan rumah, hingga biaya pemanggilan ambulans darurat. Untuk perusahaan, Lifepal menawarkan perbandingan perlindungan dengan manfaat terbaik dan harga premi termurah dari berbagai brand asuransi ternama untuk melindungi karyawan perusahaan.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!