SAMARINDA—- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memiliki tekad dan komitmen serta keberanian menjalankan kewenangan secara otonomi dalam mengatur dsn mengelola potensi sumber daya alam yang dimiliki untuk mewujudkan masyarakat mandiri, berdaya saing dan sejahtera.

“Sejahtera dalam arti juga sehat fisik dan mental spiritualnya,”ucap Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setprov. Kaltim H. Elto saat mewakili Gubernur Kaltim H. Isran Noor pada Seminar Kesehatan, di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Senin (25/11)

Elto mengatakan sesuai RPJMD 2018-2023 telah ditetapkan arah kebijakan yang pertama pemerataan pelayanan kesehatan dasar melalui penyediaan dan pendistribusian tenaga kesehatan terutama di daerah-daerah terpencil dan daerah perbatasan, kedua pemenuhan standar pelayanan minimal rumah dakit melalui upaya penurunan pemenuhan sarana dan prasarana rumah sakit dan mendorong agar seluruh rumah sakit milik pemerintah maupun swasta dapat mencapai akreditasi standar nasional.

Ketiga diharapkan puskesmas Prov. Kaltim mendaptkan akreditasi paripurna dan keempat peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat miskin dengan mendapatkan jaminan kesehatan dan mendorong peningkatan mutu pelayanan kesehatan dalam upaya mencapai cakupan kesehatan semesta.

Namun demikian perlu adanya dukungan semua komponen masyarakat, organisasi kemasyarakatan serta pihak swasta berpersn serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif dan prefentif serta terus menggalakakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Ia juga mengatakan Pemerintah Provinsi juga memperhatikan
dan menanggulangi isu-isu kesehatan strategis lainnya seperti penurunan kematian ibu dan neonatal atau penyakit radang paru yang terjadi pada bayi baru lahir, Stunting, penurunat tuberculosis, mutu imunisasi serta pencegahan pengendalian penyakit tidak menular.

“Saya berharap kepada semua pihak terutama Pemerintah Kabupaten/ Kota, organisasi perangkat daerah serta stakeholder yang terkait untuk dapat mendorong percepatan target program-program kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kalimantan timur,” pintanya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *