Jakarta – Situs website Dinas Perkebunan Kaltim dengan alamat URL https://disbun.kaltimprov.go.id ditetapkan sebagai pemenang Lomba Inovasi TIK Kementerian Pertanian Tahun 2019.

Juara pertama untuk kategori website terbaik se Indonesia yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian.

Adapun pemenang kedua lomba ini diraih Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau dan ketiga oleh Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan.

“Prestasi kita yang ketiga untuk juara pertama. Setelah tahun 2015 dan 2017,” ungkap Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad usai menerima penghargaan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada upacara HUT ke-48 Korpri Tahun 2019 di Halaman Kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Prestasi ini lanjutnya, luar biasa berkat kerja yang luar biasa pula. Sebab, untuk lolos dan meraih juara harus
menyisihkan 62 peserta dari instansi/dinas/badan di lingkup Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia.

“Pendaftar awal 82 peserta, namun lolos administrasi sekitar 62 peserta dan itulah pesaing kita. Hingga masuk 3 besar dan akhirnya meraih juara pertama ketiga kalinya,” sebut Ujang.

Ujang menerangkan pengelolaan data perkebunan menjadi salah satu strategi utama bagaimana menyediakan data yang tersedia cepat dan akurat. Tentunya prestasi yang diraih ini akan terus mendorong jajarannya meningkat kinerja dan pelayanan publik. Khususnya melalui media informasi (website) berbasis spasial.

Prestasi kali ini menjadi penghargaan tingkat nasional untuk kedelapan kalinya dalam Lomba Inovasi TIK Kementerian Pertanian. Terdiri juara kedua sebanyak lima kali (tahun 2005, 2011, 2012, 2014 dan 2016). Juara pertama tiga kali yakni pada 2015, 2017 dan 2019.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *