Samarinda— Lapangan yang basah tidak mengurangi semangat peserta untuk mengikuti upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 74 di Halaman Gor Segiri Samarinda, Jum’at (3/1)

Peringatan Hari Amal Bakti merupakan mometum berdirinya Kementerian Agama yang terbentuk pada 3 Januari 1946 atau 74 tahun yang silam. Pembentukan Kementerian agama memberikan pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara Republik Indonesia hingga kini.

Upacara yang berjalan penuh hikmat tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Kaltim H. Isran Noor. Selain tamu undangan dari pimpinan maupun perwakilan OPD di Kaltim, upacara juga dihadiri oleh pimpinan dan civitas akademik IAIN Samarinda, UNU, ASN di Lingkungan Kanwil, Kemenag Kota Samarinda, para guru dan siswa madrasah negeri, serta anggota DWP Kemenag Kaltim.

Dalam sambutan tertulis Menteri Agama RI, Fachrul Razi yang dibacakan Gubernur Isran mengajak mengajak seluruh jajaran
Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

“Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional ” ucapnya

Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat.

Penyerahan tanda penghargaan Presiden Republik Indonesia berupa Anugerah Satya Lencana Karyasatya kepada 47 ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Kaltim untuk pengabdian 10 tahun sebanyak 29 orang, 20 tahun 13 orang dan 30 tahun 5 orang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *