Samarinda— Lima visi pembangunan yang menjadi prioritas dalam priode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di tahun 2019-2024.
Lima visi pembangunan tersebut Presiden Jokowi menyebutkan, yakni pertama Pembangunan Infrastruktur kedepan akan dilanjutkan dengan lebih cepat dan menyambung infrastruktur besar.
Adapun infrastruktur-infrastruktur besar tersebut antara lain seperti jalan tol, kereta api, pelabuhan dan bandara dengan kawan-kawasan produksi rakyat. Infrastruktur tersebut nantinya akan disambungkan dengan kawasan-kawasan yang memiliki industri kecil dan juga akan disambungkan dengan kawasan ekonomi khusus dan kawasan-kawasan pariwisata.
Kedua pada Pemerintahan Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin, Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) akan menjadi prioritas, dimana pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia kedepan.
Menurutnya awal mulainya pembangunan SDM dengan menjamin kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita dan kesehatan usia sekolah.
Selanjutnya yang ketiga Jokowi mengatakan tujuan mengundang investasi seluas-luasnya dalam rangka membuka lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya.
Dirinya juga mengungkapkan jangan ada yang alergi terhadap investasi, karena dengan cara inilah lapangan pekerjaan akan terbuka sebesar-besarnya. Oleh sebab itu, yang menghambat investasi semuanya harus dipangkas baik perizinan yang lambat berbelit-belit apa lagi ada punglinya.
Kemudian keempat, Reformasi birokrasi menurut jokowi sangatlah penting salah satunya adalah reformasi struktural, agar lembaga-lembaga sederhana, simple dan lincah.
Bila pola pikir birokrasi tidak ada perubahan, Jokowi akan memangkas hal tersebut.
Lalu yang terakhir menjamin penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran, hal tersebut menurut Jokowi setiap rupiah yang keluar dari APBN semuanya harus dipastikan memiliki manfaat untuk rakyat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keterangan Foto : jawapostgroup

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *