Samarinda– Guna mempermudah sistem administrasi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov Kaltim memberikan pelatihan kepada pegawai untuk mempelajari cara aplikasi e-office. Hal ini untuk lebih mempercepat proses surat menyurat dan mengurangi pemakain kertas dan mengurangi secara signifikan total biaya administrasi.

Kepala Diskominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah menerangkan aplikasi e-office sebagai salah satu bentuk perwujudan e-government, yang bertujuan memperlancar kegiatan berkaitan dengan administrasi perkantoran. Selain itu juga untuk meningkatkan transparansi, kontrol serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih.

“Aplikasi e-office memungkinkan pimpinan OPD, eselon 3, eselon 4 untuk tetap memberikan disposisi, walaupun di luar kantor. Serta mengetahui adanya surat masuk dan mendisposisi ataupun akan bersurat dengan mudah, kapanpun, dan dimanapun,” terangnya saat arahan apel pagi, Senin (6/1).

Mengenai pelatihan ini, lanjutnya, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang konsep e-office dalam proses kegiatan administrasi perkantoran atau surat menyurat dan disposisi yang dilakukan secara elektronik dengan akses internet.

“Sebuah sistem informasi tidak akan mampu berjalan sendiri tanpa ada dukungan serta campur tangan dari pengguna yang memiliki keterampilan untuk mengoperasikannya. Karenanya kita harap pelatihan ini mampu mereka pahami sehingga penggunaan e-office dapat maksimal terutama di Diskominfo,” imbuhnya. (Diskominfo/Cht)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *