Samarinda—Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) diperingati termasuk di Provinsi Kaltim. Mengusung tema “Melalui Peringatan HUT ke-63 LVRI, Memantapkan Upaya Pewarisan JSN 45 dan Kesejahteraan Veteran”, acara dilaksanakan di Gedung Joang dihadiri Gubernur Kaltim, Veteran Kaltim dan Pimpinan FKPD, Selasa (7/1).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Isran mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh veteran di Kaltim yang telah memberikan pengorbanan yang tidak sedikit. Karenanya, penting bagi generasi selanjutnya untuk menghargai dan menghormati jasa dan perjuangan yang telah dilakukan para veteran.

“Terima kasih atas perjuangan, karya dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh keluarga besar LVRI Kaltim. Alasan ini yang membuat kita harus menghargai dan menghormati jasa-jasanya yang telah disematkan untuk bangsa ini,” ungkapnya.

Disisi lain, Isran juga menyinggung mengenai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia. Undang-Undang tersebut sebagai salah satu wujud penghargaan dari Negara kepada para Veteran yang telah berjuang demi bangsa dan negaranya. Melalui ini, lanjutnya, Negara merasa perlu untuk memberikan penghargaan tersendiri kepada para pejuang kemerdekaan maupun para pejuang perdamaian dan ketertiban dunia.

“Penghargaan ini antara lain berupa jaminan kesehatan, penganugerahan tanda kehormatan, tunjangan veteran, serta hak-hak lainnya, termasuk keringanan pembayaran pajak. Hal ini dianggap karena veteran sebagai pihak yang telah berjuang demi bangsa dan negara sangat layak mendapatkan penghargaan tersebut,” tuturnya.

Terakhir, Isran berpesan kepada kaum muda, agar bisa meniru semangat para pejuang yang siap dan rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan negara ini. Sebagai penerus perjuangan bangsa jangan pernah mengeluh, tapi berikanlah yang terbaik untuk negeri. (Diskominfo/Cht)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *