SAMARINDA – Kansai Electric Power diterima kedatangannya oleh Gubernur Kaltim Isran Noor di ruang kerja Gubernur lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim pada senin (20/1).

Maksud kedatangan dari perusahaan listrik yang berasal dari Negara sakura Jepang ini adalah untuk mempresentasilan beberapa peluang untuk berinvestasi di wilayah Kalimantan Timur. Mereka menerangkan bahwa perusahaan yang telah berdiri sejak 1Mei 1951 ini telah berpengalaman melakukan pemasangan listrik dengan  total kapasitas 34 GW (Giga Watt) diseluruh dunia.

Direktur Kansai Electric Cabang Jakarta Tesuo Onaru menjelaskan Kansai Electric Power menawarkan jaringan kelistrikan dengan menggunakan energi batu terbaru (Hydro Power) dengan tarif listrik  yang lebih hemat.

“Untuk Kalimantan kita memiliki proyek interkoneksi pembangunan jalur transmisi tenaga hijau dari Sarawak, Kalimantan Tengah hingga ke Jawa” ujarnya.

Mendengar ini, Gubernur Isran Noor menanggapi dengan positif presentasi dari Kansai Electric Power. Namun tak lupa dirinya juga mengingatkan tentang regulasi kelistrikan di Indonesia. Untuk itu, dia menyarankan pihan Kansai untuk mengirim Letter of Intent ke Pemprov Kaltim dan Pemerintah RI, untuk membuktikan keseriusan dan kemampuan dalam membangun ketenagalistrikan Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia di Kaltim.

“Sistem ini bagus. Presentasi yang bagus, semoga Jepang juga menjadi salah satu partisipan dalam sayembara pembangunan IKN baru di Kaltim. Program pembangunan di ibukota baru akan terintegrasi. Nantinya ada dibawah pengawasan Badan Otorita khusus yang paling lambat terbentuk pada Juli 2020,” kata Isran Noor.

Tampak hadir, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Tutuk SH Cahyono, Staf Ahli bidang SDA, Perekonomian Daerah dan Kesra HM Sa’bani, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi, Kepala Dinas ESDM Wahyu Widhi Heranata, Plt Kepala Bappeda Iman Hidayat, Kepala Biro Perekonomian Nazrin, Kepala Biro Infrastruktur dan SDA Lisa Hasliana, Kepala Dinas Kehutanan Amrullah, serta perwakilan dari Kansai Electric Power Jakarta.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *