Samarinda—Tepat pada tanggal 21 Januari 1668 kota Samarinda lahir. Namun dalam perkembangannya masih saja menjadi PR tersendiri untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda agar berbenah diri.

Kendati telah berumur cukup tua, Kota Samarinda masih saja dihantui oleh berbagai permasalahan, namun di sisi lain adapula capaian kinerja yang telah dikemukakan oleh Walikota Samarinda H. Syaharie Ja’ang selama menjabat .

Dalam Rapat Paripurna DPRD Samarinda Selasa (21/1) pagi tadi, Jaang menyampaikan bahwa sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan yang merata kepada lapisan masyarakat. Adapun pertumbuhan ekonomi tahun 2019 mencapai 4,98 persen.

“Pertumbuhan positif tersebut menjadi bukti kokohnya perekonomian kota Samarinda ditopang oleh sektor perdagangan dan jasa. Pertumbuhan penduduk pun cukup terkendali, 2018 di angka 1,8 persen untuk tahun 2019 mengalami penurunan sebesar 1,7 persen,” ungkapnya.

Sedangkan untuk tingkat kemiskinan yang semula 4,77 persen menjadi 4,59 persen, begitu juga dalam urusan pengangguran yang ditekan pada angka 6,16 persen sejak 2019 lalu.

Capaian kinerja tersebut kata Ja’ang, tidak terlepas dari andil semua orang perangkat daerah yang telah bekerja keras bersama pemerintah daerah guna menunjang kesejahteraan kota Samarinda menuju visi dan misi pembangunan kota, yakni pembangunan berdasarkan Smart City .

“Banyak keberhasilan kemajuan dan beragam prestasi yang dicapai dan tentunya hal ini tak lepas dari peran DPRD, Pemprov dan pemerintah pusat, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat,”

Hal ini disebabkan salah satunya pertumbuhan investasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga turut dioptimalkan berdampak dalam penyerapan tenaga kerja sektor usaha di setiap tahunnya.

“Saya mengapresiasi tindakan semua elemen yang terlibat, harapan kita ini semua dapat terus didukung,” ucap Ja’ang.

Adapun berkenaan dengan laju inflasi yang dapat dikendalikan hingga 3,32 persen pada tahun 2019 lalu menjadi salah satu keberhasilan yang kerap diapresiasi oleh pemerintah pusat sebagai kota dengan pengendalian inflasi terbaik.

Turut Hadir Wakil Walikota Samarinda HM Barkati, Plt. Assiten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat HM Jauhar Effendi, Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, Ketua DPR Samarinda , Wakil DPRD Kaltim H. Andi Harun, Forkopimda dan seluruh anggota DPRD Kota Samarinda. (Diskominfo/Rey)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *