Samarinda– Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melakukan Tes Rekrutmen Petugas Haji Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 1441 H / 2020 M di Aula Siskohat Kanwil, Kamis (13/2).

Kepala Kanwil Kemenag Prov Kaltim H. Sofyan Noor yang didampingi Kepala Bidang PHU H. Ahmad Ridani secara resmi membuka kegiatan yang juga dihadiri oleh 2 orang tim monitoring dari Direktorat Jenderal PHU Kementerian Agama RI Arsad Hidayat dan Tawwabudin.

Dalam arahannya H. Sofyan Noor mengingatkan kepada peserta betapa pentingnya budaya kerja integritas. Integritas merupakan salah satu atribut terpenting atau kunci yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Integritas adalah suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai dan berbagai hal yang dihasilkan. Orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat.

“Nanti pada saat bertugas, yang harus diingat melayani tamu Allah bukan melayani diri sendiri atau mengambil keuntungan dari itu,” sebutnya.

Dirinya menekankan jika ada yang berbuat seperti itu akan mendapatkan konsekuensinya, bisa diberhentikan kerja sesaat atau benar-benar tidak akan bekerja kembali.

Sementara itu, Arsad Hidayat menyatakan dukungannya atas komitmen yang ditunjukkan oleh Kakanwil dan mengapresiasi mengenai konsekuensi yang akan diterima petugas bila bekerja tak sesuai dengan tugas dan kewajibannya. Ia juga menyampaikan amanat Menag RI agar mencara petugas haji yang tidak radikal.

Berdasarkan laporan panitia, kegiatan tes rekrutmen kali ini diikuti sebanyak 62 peserta yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Timur. Sebelumnya, para peserta tersebut telah lolos seleksi terlebih dahulu di tingkat Kabupaten/Kota masing-masing. Tes sendiri terdiri dari 2 tahapan seleksi, yaitu seleksi kompetensi Computer Assisted Test (CAT) dan kompetensi seleksi wawancara.

Mengutip sumber: Kemenag Kaltim

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *