Samarinda- Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah  (Disperindagkop dan UKM) Provinsi Kaltim laksanakan kegiatan Temu Mitra usaha.  Kegiatan yang bertempat di Ruang Niaga Kantor Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim, Rabu (19/2).

Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim melalui Kabid Koperasi Perindagkop Provinsi Kaltim, Rudi mengatakan dalam pertemuan tersebut membahas program pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif Usaha Kecil Menengah

Lajut ia katakan, dalam mengembangkan komoditas yang ada di Provinsi Kaltim. Seperti yang ada di Kabupaten Kutai Timur yakni komoditas coklat. Sedangkan di Kabupaten Berau yang melimpahnya bahan baku kelapa.

Tidak hanya pasar dalam negeri, namun juga melirik pasar ekspor,  contohnya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang ada di Mesir. Dimana sangat mendukung expor arang tempurung kelapa dari Indonesia, dilihat dari kualitas sangat baik yang ada di Indonesia, “ujar Rudi.

“Pemberdayaan Koperasi Dinas Perkebunan kedepanya harus dilakukan peremajaan perkebunan (replanting) . Kemudian, Expor pisang harus di monitor oleh Dinas Pertanian, dimana tujuanya untuk mensejahterakan petani pisang yang ada di Kaltim khususnya, “katanya.

Adapun perintah dari Kementerian Koperasi dimana setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendampingi UKM sampai berhasil. Sejauh ini, permasalahan yang terjadi pada UKM seperti pembuatan Harga Pokok Penjualan (HPP) diajarkan secara intensif, agar mampu bersaing dengan produk nasional, beber Rudi.

Sinkronisasi program pelatihan UKM, terangnya yang dilakukan di tiga OPD yakni, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian harus berkoordinasi ,agar materi yang di berikan tidak tumpang tindih, tegasnya lagi.

Terobosan pemerintah kedepan terkait expor langsung  yang berlokasi di Pelabuhan Kariangau. Hal ini menunjang pemangkasan biaya tranportasi yang murah bagi pengusaha pengexpor bahan pertanian dan perkebunan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *