Samarinda- Tahun 2020 ini Badan Pusat Statistik (BPS) kembali melaksanakan sensus penduduk yang dilakukan 10 tahun sekali. Dan ini adalah pertama kali BPS menggunakan metode survey secara online. Artinya penduduk mengisi data kependudukan secara online sehingga petugas tidak lagi datang ke rumah untuk pendataan.

Untuk mendukung program nasional yang dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 21 Maret ini, Kanwil Kementerian Agama Kaltim menyambut baik tawaran BPS untuk melakukan sosialisasi pengisian data penduduk secara online. Seluruh pegawai diarahkan untuk mengikuti kegiatan sosialisasi sekaligus mengisi langsung data sensus di Aula Kanwil, Selasa (25/02).

Kabag TU, H. Mohlis didampingi Kasubbag Perencanaan dan Data Rudi Kartono menyambut 7 orang Tim dari BPS yang dipimpin oleh Marinda Dama Prianto, Statistisi Madya dari BPS Prov. Kaltim. Dalam arahannya H. Mohlis menekankan kepada seluruh pegawai agar mendukung program ini dengan berpartisipasi mengisi data sensus online sampai selesai. Ia juga meminta kepada Tim BPS agar membimbing prosesnya hingga dapat dipastikan data sensus berhasil terkirim. Dikatakan bahwa data hasil sensus sangat penting untuk keperluan dalam mengambil kebijakan terkait pembangunan. Misalnya data penduduk berdasarkan agama dan usia diperlukan untuk pembangunan madrasah, maupun penetapan kuota calon jamaah haji.

Para pegawai yang hadir tampak antusias mengikuti kegiatan ini dan petugas BPS juga dengan sabar membantu jika ada yang kesulitan. Marinda juga berpesan agar Pegawai Kanwil Kemenag Kaltim berperan aktif mensosialisasikan Sensus Penduduk Online 2020 kepada warga Kemenag lainnya yang berada pada Satuan Kerja di bawah Kanwil dan juga kepada masyarakat secara umum. (Nop)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *