Samarinda – Guna menghasilkan magister dan doktor yang berkualitas dalam berbagai bidang kajian keislaman di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Timur, Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari dan Kanwil Kementerian Agama Prov. Kaltim sepakat bekerjasama. Kakanwil Kemenag Kaltim Drs. H. Sofyan Noor, M.Si menandatangi Nota Kepahaman (MoU) bersama Direktur Pasca Sarjana UIN Antasari Prof. Dr. Saifuddin Sabda, M.Ag. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Kemenag se-Kaltim, Kepala Madrasah, pejabat dan ASN di Kanwil ini dilaksanakan di Aula Kanwil, Kamis (27/02).

UIN Antasari adalah perguruan Tinggi Islam Negeri yang terletak di Banjarmasin Kalimantan Selatan dan telah memiliki Program Pasca Sarjana sejak tahun 2000. Kini telah bertambah menjadi 8 Program Studi (Prodi), 6 Prodi Magister dan 2 Prodi Doktoral. Dengan fasilitas yang ada, untuk menjawab tantangan kedepan akan ditambahkan lagi berbagai kemudahan yang dimulai tahun ini.

Dr. Saifuddin menjelaskan bahwa UIN menawarkan program magister lanjut doktoral. “Setidaknya sudah menjalani 2 semester magister bisa lanjut doktor, sehingga dalam waktu 3 sampai 4 tahun bisa menyelesaikan magister hingga doktor.” Ia tambahkan bahwa meskipun memberikan kemudahan akan tetap menjaga kualitas sehingga nantinya pun akan dihasilkan magister dan doktor yang berkualitas pula.

Di hadapan undangan yang hadir Kakanwil katakan, “Orang yang sudah S2 dan S3 punya kemampuan akademik yang kuat, dari penelitiannya akan melahirkan teori baru. Mereka juga punya kemampuan berpikir yang lebih sistematis dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan.” Untuk itulah orang nomor satu di Kemenag Kaltim ini sangat mendorong bagi yang masih muda untuk melanjutkan kuliah S2 hingga S3.

Kerjasama yang disepakati ini juga sejalan dengan program 5000 Doktor Kementerian Agama. Kakanwil katakan bahwa UIN Antasari juga termasuk salah satu PTN yang bekerjasama dengan Kemenag. “Semua yang punya potensi, guru maupun tenaga administrasi (di Kankemenag maupun Kanwil) silahkan mengajukan diri baik dengan beasiswa maupun mandiri. Apalagi sekarang sudah ada kemudahan, salah satunya menjalani perkuliahan melalui video conference.” Jelasnya.

Kakanwil menyambut baik dan berterima kasih atas kerjasama yang terjalin. Dikatakan pula bahwa Kemenag Kaltim saat ini sedang menjajaki kerjasama dengan 3 PTN dalam negeri, yaitu UIN Antasari, UNY, dan UPI Bandung. UIN Antasari adalah PTN pertama yang telah sampai pada tahap penandatangan MoU dengan Kanwil, sementara 2 PTN lainnya masih dalam proses menuju ke tahap yang sama. (Nop)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *