Balikpapan – Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengharapkan perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi keolahragaan renang di benua etam sehingga kelak semakin mengangkat prestasi dan pembinaan olahraga renang di Provinsi Kaltim sehingga mampu membangun keunggulan di kancah nasional di masa yang akan datang.

Hal ini disampaikan Gubernur dalam sambutannya yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Muhammad Syirajudin, ketika menghadiri pelantikan Pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kaltim, sekaligus membuka Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan (KRAP) se Kalimantan dan Sulawesi, Sabtu (29/2/2020) di Kolam Renang Mulawarman Balikpapan.

“Dengan diadakannya pelantikan pengurus PRSI Kaltim masa bakti 2019-2023 ini, nantinya senantiasa mampu menjadikan semangat baru untuk mendulang prestasi dan melanjutkan berbagai program kerja sesuai visi dan misi khususnya bagi kemajuan prestasi dunia olahraga renang  di Provinsi Kaltim, apalagi mengaca dari hasil POPNAS lalu Renang Kaltim mempu menyembahkan 1 emas 1 perak,” katanya.

Terkait sarana dan prasarana, Gubernur mengharapkan PRSI Kaltim mau memanfaatkan kolam renang Eks PON di Kompleks Stadion Utama Palaran.

“Kaltim memiliki sarana kolam renang berstandar internasional, saya harapkan nantinya PRSI Kaltim yang baru dilantik segera berkoordinasi untuk pemanfaatan kolam tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua PRSI Kaltim, Dayang Donnas Faroek menyampaikan harapanya agar di setiap Kabupaten / Kota memiliki Kolam renang standar yang tentunya akan menunjang bagi Atlet dalam meraih prestasi.

“Tentu kita akan sinergikan antara kesiapan sarana dengan kualitas SDM Pelatih berkualitas yang menjadi kunci bagi atlet untuk terus berkembang dan mencapai hasil maksimal dalam setiap event yang diikuti, kalau perlu kita upayakan pelatih kualitas internasional,”tegasnya.

Ketua PB PRSI, Anindya Novyan Bakrie dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kaltim sebagai salah satu daerah yang mampu menyumbangkan atlet untuk tingkat nasional.

“Saya melihat Kalimantan Timur tak pernah absen dalam menyumbang kekuatan atlet di level nasional, tentu saya berharap hal ini dapat terus ditingkatkan. Saya berharap Pengurus PRSI Kaltim mampu menjalankan amanah yang diembannya untuk berkarya diawali tentunya dengan meningkatkan pembinaan bagi para atlet usia dini secara berjenjang dan berkesinambungan sehingga prestasinya juga akan terus meningkat,” pesannya.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan pihaknya tengah berupaya agar Balikpapan sebagai penyanggah Ibukota Negara (IKN) yang baru memiliki kolam renang berstandar Internasional.

Pada kesempatan tersebut, usai acara pelantikan dilaksanakan penekanan tombol sirine tanda dimulainya Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan (KRAP) se Kalimantan dan Sulawesi oleh Kadispora Kaltim, Ketua PB PRSI, Walikota Balikpapan, Wakil Ketua Pengurus Besar (PB) PRSI, Sarman Simanjorang, Ketua Pengprov PRSI Kaltim serta perwakilan KONI Kaltim.

Sumber : Dispora Kaltim

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *