Samarinda– Sosialisasi Duta Pelajar Sadar Hukum Jenjang SMA/SMK/MA/SLB Negri/Swasta Se-Provinsi Kalimantan Timur, kegiatan tersebut bekerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Kaltim dan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur. Bertempat di lantai dasar ruangan serbaguna Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Kaltim . (9/3)

Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim, Chaerul Amir menerangkan, kedepannya akan diadakan lomba karya tulis bagi siswa/siswi tingkat SMA/SMK/MA/SLB Negri/Swasta Se-Kalimantan Timur. Dimana materi lomba tersebut seputar tentang pengetahuan kesadaran  hukum yang berlaku, kemudian akan  dipresentasikan di depan audiens. Setiap perwakilan Kabupaten/kota bisa mengikuti perlombaan ini.

Adapun tujuan dari perlombaan Sosialisasi Sadar Hukum tersebut, yang menjadi Juara akan menjadi Duta Hukum  Se-indonesia. Dimana nantinya tugas Duta tersebut akan mensosialisasikan tentang kesadaran Hukum bagi para pelajar, agar mengurangi tindak pidana kepada para pelajar .

Ia menjelaskan, Peserta  pelajar yang sudah mendaftar  Lomba  Sosialisasi sadar hukum ini mencapai 187 orang. Terdiri dari satu tim 2 orang putra dan putri dari masing – masing sekolah yang ada di kabupaten/kota provinsi Kaltim. Buku panduan untuk lomba akan dibagikan di setiap sekolah peserta dengan bahan materi yang sama .

Kegiatan mencari Duta Hukum tingkat pelajar  baru pertama kali dilakukan di Indonesia, Provinsi Kaltim menjadi yang pertama dalam gelaran ini,  Kejaksaan Tinggi Kaltim  bekerjasama Dinas Pendidikan Kalimantan Timur pencetus dalam lomba ini.

Harapan dari Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Chaerul Amir Pemenang Tingkat Kabupaten/kota  akan diberi hadiah berupa piala dan penghargaan, di tingkat provinsi akan diberikan beasiswa hingga ke perguruan tinggi  hingga selesai dimana saja dia akan melanjutkan, pungkas Amir .

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *