SAMARINDA — Jelang perhelatan 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2020 mendatang, maka salah satu hal yang tidak dapat terlepas serta menjadi moment paling ditunggu adalah detik-detik pengibaran Sang Merah Putih.

Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Samarinda dalam hal ini setiap tahunnya memiliki agenda rutin dalam rangka menyukseskan HUT RI tersebut dengan melakukan Seleksi Anggota Paskibraka Tingkat Kota Samarinda jenjang SMA/SMK, MA Negeri/Swasta.

Tentunya paskibraka menjadi bagian penting dalam detik-detik pengibaran Sang Merah Putih, namun bukan menjadi perkara mudah untuk menentukan pemuda-pemudi terbaik daerah terpilih yang nanti akan mewakili tidak hanya ditingkat kota saja melainkan hingga ketingkat Nasional.

Di hari pertama kurang lebih 106 pelajar melakukan seleksi tahap pertama dimulai dengan pengukuran tinggi badan dan berat badan, tes tertulis, PBB dan pemeriksaan fisik serta tes bahasa inggris.

Fawzi Irawan selaku Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Samarinda menyebutkan saat mengumumkan 24 besar yang terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan bahwa siapapun yang terpilih maupun tidak tetap menjadi perwakilan terbaik dari masing-masing sekolah.

“Poin penting dalam seleksi paskibra kali ini adalah menciptakan sistem yang bersih dan netral tanpa ada intervensi dalam penilaian,”jelasnya.

Selain itu Fawzi juga menyemangati seluruh pelajar tersebut bahwa kemampuan dalam baris berbaris tidak hanya semata untuk digunakan dalam menjadi pasukan pengibar saja melainkan banyak event yang sering dilaksanakan salah satunya lomba PBB.

Harapannya pemuda-pemudi Kota Samarinda dapat menjadi cerminan generasi unggul yang memiliki sikap kepemimpinan serta pendidikan kewarganegaan yang baik sebagai teladan dari sikap nasionalisme dan cinta Tanah Air di kalangan anak-anak muda. (DISKOMINFO/Lely)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *