Tana Paser – Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Paser, Amir Faisol mengatakan, kunci keberhasilan Kabupaten Paser dalam mengatasi virus Corona  atau Covid-19, adalah keterlibatan masyarakat bersama pemerintah.

Hal itu ia sampaikan saat konferensi pers di Media Center Penanganan Covid-19, Kantor Bupati Paser, Kamis 26 Maret 2020.

“Kunci keberhasilan penanggulangan covid harus ada kesatupaduan elemen antara pemerintah dan masyarakat,” kata Amir.

Pemkab Paser kata Amir telah mengambil beberapa langkah penanganan dalam mengatasi Covid-19, salah satunya pembentukan gugus tugas, dengan ketuanya  Sekretaris Sekda, unsur terlibat OPD, unsur profesi, tokoh agama, pemuda, masyarakat.

Data monitoring gugus tugas, tertanggal 26 Maret 2020, pukul 12.00 Wita, sebanyak 70 warga Paser masuk dalam ODP atau Orang Dalam Pantauan.

“Hingga jam 12 siang tanggal 26 Maret 2020, tercatat ODP sebanyak 70 orang. Perkembangannya meningkat dibanding kemarin,” kata Amir.

Amir mengatakan ke-70 ODP tersebut tersebar di 7 kecamatan. Dari 10 kecamatan, terdapat 3 kecamatan yang tidak ada ODP yakni Kecamatan Muara Komam, Tanjung Harapan dan Kecamatan Muara Samu.

Ia merinci 70 ODP tersebut diantaranya di Kecamatan Batu Sopang terdapat 3 orang, Kecamatan Batu Engau 2 orang, dan Kecamatan Pasir Belengkong 8 orang.

Kemudian di Kecamatan Tanah Grogot 31 orang, Kecamatan Kuaro 10 orang dan Kecamatan Long Ikis 10 orang, serta di Kecamatan Long Kali 6 orang.

“Saat ini 70 ODP tersebut berada di rumah, sebagian kondisi sehat, sebagian ada sakit tapi tidak ada indikasi mengidap penyakit radang paru atau pneumonia sehingga harus isolasi diri di rumah,” ujar Amir.

Amir melanjutkan, sejauh ini dari 7 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hingga saat ini 4 diantaranya sudah dipulangkan karena kondisi kesehatannya berangsur membaik.

“Karena kemarin dipulangkan 1 pasien PDP, (ia) tetap menjalani isolasi mandiri di rumah. Sehingga total pasien pulang berjumlah 4 orang. Sekarang tinggal 3 PDP,” ujar Amir.

Ke-3 PDP yang saat ini dirawat di RSUD Panglima Sebaya, kata Amir kondisinya cukup stabil.

“Info sampai tadi pagi cukup stabil, mudahan sampai beberapa hari bisa dipulangkan dengan pertimbangan medis,” ujarnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *