Berau – Bupati Berau, H Muharram memberikan apresiasi dan penghargaan atas keterlibatan seluruh pihak baik TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dishub, Satpol PP, BPBD dan seluruh stakeholder lainnya yang terus memperkuat kerjasama dalam pencegahan Corona Virus di Kabupaten Berau.

Hal ini disampaikannya pada pelaksanaan Apel kesiapan bersama dalam rangka pencegahan Virus Corona yang dipusatkan di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Kamis (26/3).

Menurutnya, beberapa gerakan yang dilakukan tim gabungan dalam gugus tugas semua berjalan dengan lancar. Salah satunya memberikan imbauan dan informasi kepada para pedagang yang berjualan disepanjang Jalan Ahmad Yani, dan Tepian Teratai agar menghentikan sementara aktivitasnya. Termasuk penyemprotan cairan disinfektan didalam kota maupun beberapa kecamatan terdekat oleh tim gabungan.

“Alhamdulilah, pedagang memahami kondisi saat ini, terima kasih atas kerjasama yang terbangun selama ini,” katanya.

Dihadapan peserta apel, Muharram juga memberikan apresiasi kepada beberapa dinas maupun instansi vertikal yang telah menciptakan alat sterilisasi tubuh yang sekiranya efektif untuk penanggulangan awal terhadap virus berbahaya ini.

Harapannya kepada ketua gugus tugas agar bisa memperbanyak alat ini, dalam rangka mendeteksi pendatang yang masuk kewilayah Berau.

”Menurut saya dari segi biaya tidak terlalu mahal, segera buat sebagai sterilisasi dan pendeteksi dini virus,” jelasnya.

Lanjut, untuk melakukan pencegahan kita jangan hanya fokus dalam kota saja, akan tetapi harus mengintruksikan langsung dengan seluruh kecamatan yang membawahi beberapa kampung. Sehingga pihak kecamatan harus membuat aturan, untuk tidak sembarangan menerima tamu dari luar dan tetap melarang warganya untuk keluar kampung, kecuali memang situasinya mendesak.

“Ini langkah-langkah awal, jangan sampai kecamatan dan kampung malah kecolongan adanya virus ini,” ungkapnya.

Apel kesiapan bersama ini ditandai dengan penyerahan Alat Pelindung Diri (APB) oleh Bupati kepada Direktur RSUD Abdul Rivai, H. Nurmin Baso, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan alat sempprot disenfektan.

Hadir pada apel tersebut antara lain, Sekkab M.Gazali, Asisten I Datu Kesuma, Kadis Kesehatan Iswahyudi, Dandim Letkol Kav Ilham Faisal Siregar, Kapolres Edy Setyanti Erning Wibowo, Kepala BPBD Thamrin S,Sos, Perwakilan Dishub Gamal Suwanto dan peserta apel.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *