Samarinda—– Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur mengumumkan penambahan tiga kasus pasien positif coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Kaltim. Dengan begitu total pasien terkomfirmasi positif di Kaltim berjumlah 20 orang.

“Penambahan kasus dari tiga kasus seluruhnya dari Balikpapan, untuk detailnya belum bisa kami sampaikan karena masih menunggu dari Pemerintah Pusat,” Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak saat saat jumpa pers di Aula Dinkes Kaltim, Selasa (31/3/2020).

Sementara per 31 Maret 2020 jelas Andi, terjadi penambahan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 127 orang, sehingga total ODP di Kaltim berjumlah 3.324 orang dan yang masih menunggu proses sebanyak 2.242 orang serta selesai pemantauan sebanyak 982 orang.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) ada penambahan enam orang, sehingga total 175. Kasus negatif baru 36 kasus, total negatif 120 kasus. Terkonfirmasi positif Covid 19 bertambah tiga kasus sehingga total 20 kasus. Masih dalam proses 35 dan meninggal satu orang.

Selain itu, terjadi penambahan hasil negatif hang sebarannya pada enam kabupaten dan kota di Kaltim yaitu Kota Balikpapan sebanyak 27 orang, Berau tiga orang, Paser dan Kutai Kartanegara masing-masing 2 orang dan Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Barat masing-masing satu orang.

Diakuinya bahwa penyebaran Covid 19 cukup masif, terlebih di daerah pandemi. Karenanya, social distancing ditingkatkan menjadi physical distancing harus benar-benar ditegakkan dan dipahami masyarakat secara baik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *