Samarinda— Pasien positif Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur kembali bertambah 2 orang. Dengan begitu hingga hari ini, Sabtu 4 April 2020 total warga Kaltim yang positif menjadi 24 orang. Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting.

“Yang terkonfirmasi positif hari ini sebanyak 2 kasus yaitu 1 kasus dari Kabupaten Kutai Timur dan 1 kasus dari Samarinda,”ujar Andi

Untuk kasus penambahan kasus positif dari Samarinda atau pasien yang tercatat sebagai SMR 3, diketahui berjenis kelamin laki-laki berumur 60 tahun dan masuk dalam klaster Ijtima Gowa. Pasien tersebut tercatat mengikuti agenda tersebut 15-20 Maret 2020.

Pada tanggal 27 menunjukkan gejala batuk, sakit tenggorokan dan pilek, di tanggal 31 Maret keluhan pasien terus bertambah pasien akhirnya dirawat di RSUD Abdul Wahab Sjahranie dan dilakukan isolasi.

Selain itu, kasus terkonfirmasi kedua berasal dari Kutai Timur, tercatat sebagai pasien KTM 3. Pasien ini berjenis kelamin laki-laki 43 tahun, melakukan perjalanan dari India, Singapore dan Jakarta. Pada 15 Maret pada saat pasien dalam perjalanan dari India sudah mengalami keluhan demam, batuk dan pilek. Di tanggal 27 Maret pasien akhirnya di Rawat di RSUD Kudungga karena keluhan tidak berkurang.

Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP), Andi menjelaskan ada penambahan 219 orang, selesai masa pemantauan ada 1.746, sehingga ODP Kaltim 2.561 orang.

Lanjut Andi, ada penambahan PDP per 4 April 2020 sebanyak 5 kasus, Kronologis Penambahan PDP sebagai berikut, 1 Berau, 1 Kutai Kartanegara, 1 Kutai Timur dan 2 Penajam Paser Utara.

Kasus Negatif asal Kaltim juga bertambah 9 kasus yaitu 1 dari Kutai Kartanegara, 3 Kutai Timur dan 5 Balikpapan. Dengan begitu total PDP yang dinyatakan negatif hingga hari ini sebanyak 130 orang.

Dirinya juga memberikan kabar gembira bahwa ada 2 pasien yang dinyatakan sembuh. 2 pasien sembuh positif Covid-19 merupakan klaster KPU. Pasien pertama dari Kukar dan kedua dari Bontang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *