Samarinda— Jumlah pasien positif terinfeksi virus Corona (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Timur kembali mengalami peningkatan. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak melaporkan satu penambahan pasien yang terkonfirmasi positif.

Menurut Andi, pasien tersebut berasal dari Samarinda yang memiliki riwayat perjalanan dari Depok. Sehingga total pasien positif Covid-19 di Kaltim menjadi 22 orang.

“Pasien ini merupakan kasus tunggal tidak bersangkutan dengan klaster mana pun,” terang Andi.

Mengenai positif pasien terbaru Andi menjelaskan, pasien tersebut adalah perempuan berusia 31 tahun yang pernah melakukan perjalanan ke Depok pada 10-13 Maret 2020.

Pada 14 Maret mengalami keluhan seperti demam dan batuk, setelah berobat ke faskes dilakukan isolasi diri di rumah dengan pengawasan ketat dari petugas kesehatan.

Lanjut Andi, karena keluhan gejala semakin bertambah pada 28 Maret 2020 pasien di rujuk di RSUD AW Sjahranie Samarinda guna mendapat perawatan dan hari ini menerima hasil Laboratorium bahwa pasien tersebut positif Covid-19.

“Pasien saat ini kondisinya stabil dan dilakukan perawatan intensif oleh tenaga medis,” terangnya

Selain penambahan pasien positif juga ada penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kaltim. Dimana jumlah ODP bertambah menjadi 323 orang, sehingga totalnya 4.088 kasus. Dari angka tersebut orang yang selesai dipantai sebanyak 1.422 dan 2.666 orang dalam proses.

Untuk kasus PDP per 3 April 2020 ada penambahan 20 kasus dengan rincian Berau 8 kasus, Balikpapan 3 kasus, Paser 5 Kasus dan PPU 4 kasus, jadi total PDP menjadi 213 kasus.

Sementara, kasus negatif tidak ada Penambahan hasil per 3 April 2020 tetap 121 kasus dan 70 kasus masih dalam proses laboratorium Kementerian Kesehatan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *