Samarinda—– Penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur dalam sehari mengalami kenaikan yang signifikan dari 25 kasus kini menjadi 31 kasus.

“Kalau kemaren terjadi kesalahan data, maka kali ini ada penambahan 6 pasien terkonfirmasi positif Covid-19,” Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Senin (6/4/2020).

Andi menjelaskan penambahan 6 orang diantaranya 2 orang dari Kota Balikpapan dan 4 dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

2 pasien dari Balikpapan jelasnya 1 Kasus berjenis kelamin perempuan umur 30 tahun merupakan pelaku perjalanan dari Sukabumi dan di rawat di RS Bhayangkara. Sedangkan 1 Kasus berjenis kelamin perempuan 60 tahun merupakan kasus yang mengikuti kegiatan kerohanian dan berobat pada tanggal 1 april 2020. Kasus di rawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo.

Selanjutnya 4 pasien dari PPU menurutnya merupakan pelaku perjalanan yang termasuk dalam kluster Iljtima Dunia Zona Asia 2020, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan di rawat di RSUD Aji Putri Botung Penajam Paser Utara. Dimana PPU 1 berjenis kelamin laki-laki 31 tahun, PPU 2 laki-laki 16 tahun, PPU 3 laki-laki 17 tahun dan PPU 4 laki-laki 19 tahun.

Dengan penambahan 4 kasus dari Klaster Iljtima Gowa, pihaknya akan menggenjot upaya tracing kepada orang-orang yang diduga mengikuti acara tersebut. Hingga saat ini sudah terdata 639 orang, 147 berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP), 18 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 9 Orang Tanpa Gejala (OTG).

Lanjut Andi, per 6 April 2020 terjadi penambahan kasus lain pada kategori PDP sebanyak 8 kasus, dimana 2 kasus dari Kabupaten Paser dan 6 Kasus dari Balikapapan.

Sementara itu, juga terjadi pebambahan pada ODP sebanyak 71 kasus, 2.238 kasus selesai pemantauan dan 2.393 kasus dalam proses.

Tambahnya, untuk hasil negatif per 6 April 2020 juga ada penambahan sebanyak 7 Kasus dari Balikpapan yaitu, 1 Kasus merupakan PDP yang dirawat di RST Hardjanto Balikpapan, 4 Kasus merupakan PDP yang dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo dan 2 Kasus merupakan PDP yang dirawat di RSUD Beriman.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *