Jakarta—Indonesia dan seluruh negara ASEAN sepakat untuk memperkuat kerja sama untuk menangani Covid-19. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN virtual melalui konferensi video, Selasa (14/4/2020).

“Pertama memperkuat kerja sama melawan Covid-19. Antara lain saling tukar informasi, test practice, pengembangan research, pengembangan epidemiologi, clinical treatment, dan lain lain,” kata Retno melalui konferensi video.

Retno menambahkan, Indonesia dan negara anggota ASEAN juga sepakat untuk memberi perlindungan kepada warga negara anggota. Sebab, isu ini penting bagi ASEAN dalam masa pandemi covid-19.

Selain itu, kata Retno, negara anggota ASEAN juga memperkuat komunikasi publik dengan memerangi stigmatisasi dan juga diskriminasi bagi mereka yang terinfeksi virus corona.

Retno pun mengatakan, seluruh negara anggota ASEAN juga berkomitmen untuk mengambil tindakan kolektif dan kebijakan yang terkoordinasi untuk memitigasi dampak ekonomi dan sosial yang timbul akibat pandemi Covid-19.

“Para pemimpin ASEAN juga menugaskan para menteri ekonomi ASEAN untuk memastikannya berjalannya supply chain connectivitiy (konektivitas rantai pasokan) sehingga perdagangan dapat terus berjalan,” ujar Retno.

“Para pemimpin (ASEAN) juga mendukung realokasi trust fund ASEAN guna membantu ASEAN dalam menangani Covid-19,” lanjut dia.

Selain soal anggaran, Retno juga menuturkan ASEAN sepakat membentuk prosedur protokol pelacakan dan investigasi bersama penyebaran wabah corona.

Protokol bersama ini, kata Retno, penting dibentuk demi menyetop penyebaran virus corona secara lintas batas di kawasan.

Retno menuturkan pembentukan protokol bersama itu merupakan gagasan Indonesia dalam menyikapi perkembangan kasus corona yang terus melonjak di Asia Tenggara.

Berdasarkan data yang disampaikan Vietnam sebagai ketua ASEAN tahun ini seperti yang dikutip, total jumlah kasus corona di seluruh negara anggota telah mencapai 19.997 pasien dengan 884 kematian per Senin (13/4).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *