Samarinda—- Pasien yang dinyatakan sembuh dari Coronavirus 2019 (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Timur per Rabu 15 April 2020 bertambah menjadi 8 orang. Hari ini terkonfirmasi ada penambahan 2 pasien yang dinyatakan sembuh.

“Hari ini 2 pasien yang sembuh berasal dari Samarinda dan Balikpapan,”hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim, Andi M Ishak saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Rabu (15/4/2020).

Andi memaparkan Pasien sembuh di Samarinda merupakan pasien pertama terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim. Pasien tersebut perempuan berusia 37 tahun dirawat sejak 14 Maret 2020 di RSUD Abdul Wahab Sjahranie.

Pasien tersebut dinyatakan negatif setelah dua kali uji swab dan serta pemeriksaan klinis dan dokter penanggung jawab yang merawat pasien positif Covid-19. Dan hasil foto thorax juga menunjukkan tidak ada gambaran pneumonia.

Menurut Andi, meskipun dinyatakan sembuh pasien dari Samarinda 1 menempuh perjalanan cukup panjang. Pasien tersebut pasien sebelumnya melakukan 5 kali uji lab test swab pertama dengan hasil positif, kemudian kedua dilaporkan negatif, ketiga kembali positif, keempat negatif dan kelima negatif, sehingga bisa dinyatakan sembuh.

Lanjut Andi, pasien sembuh ke 2 berasal dari Balikpapan tercatat sebagai BPP 5 berjenis kelamin perempuan usia 36 tahun dirawat sejak 13 Maret di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Dimana pasien tersebut dua kali melakukan test web secara klinis sudah sangat baik dan tidak ada lagi gejala medis dan foto thorax tidak ada tanda radang paru.

Dirinya menjelaskan kedua pasien yang sembuh ini berasal dari 2 kluster Bogor yang sama yakni saat mengikuti kegiatan bisnis tanpa riba. Keduanya sudah pulang ke rumah masing-masing.

Meskipun kedua pasien telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 Andi mengimbau agar mantan pasien tersebut tetap menjaga imunitas diri serta menjaga kondisi psikis agar tidak mengalami stres pasca dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Tetap jaga jarak dan tetap memantau kondisi kesehatan jika ada keluhan segera kontrol di sarana kesehatan,”pintanya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *