Ujoh Bilang, (16/4)- Tim Gerak Cepat (TGC) Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kaltim, meluncurkan radio kesehatan dengan nama Team Ganyang Corona/ TGC FM, untuk mengkampanyekan sekaligus edukasi pencegahan pandemi Corona.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Kabupaten Mahulu, Agustinus Teguh Santoso mengatakan, tujuan peluncuran Radio TGC FM adalah untuk memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat tentang cara penanggulangan virus Corona.

Informasi yang juga perlu disampaikan ke publik terkait pandemi ini adalah mengenai kebijakan pemerintah pusat, provinsi, dan pemerintah kabupaten terkait penanggulangan penyebaran maupun penanganan COVID-19.

Ia menjelaskan, dalam kondisi seperti ini tidak mungkin penyuluhan kesehatan dilakukan dengan mengumpulkan masa maupun bertatap muka langsung, sehingga DKP2KB Mahulu yang menjadi Posko TGC Penanggulangan COVID-19, berinovasi dengan meluncurkan Radio TGC FM.

Program siaran yang disajikan selain menu utama saat ini adalah memberikan edukasi dan informasi mengenai penanggulangan pandemi virus, juga untuk memberikan hiburan ke masyarakat agar betah di rumah.

Radio ini mengudara pada frekuensi 99.6 Mega Hetz. Saat ini baru bisa mengudara dari pukul 16.00 hingga pukul 20.00 waktu setempat. Namun ke depan akan ditambah jam siarnya.

“Jika dimonitor menggunakan pesawat radio transistor, saat ini bisa didengar mulai dari Kampung Batu Majang sampai Kampung Mamahak Besar, namun jika dimonitor menggunakan radio bawaan smartphone, hanya bisa di seputaran Ibu Kota Mahulu, yakni di Kampung Ujoh Bilang,” katanya.

Namun, lanjutnya, adanya radio ini tentu diharapkan masyarkat bisa mengetahui informasi yang benar mengenai permasalahan dan penanggulangan COVID-19 di Mahulu.

Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah program, seperti akan menghadirkan beberapa narasumber baik dokter, pejabat publik, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, maupun lembaga tentang penanggulangan Corona.

Ketika ada narasumber yang hadir di studio dan dilakukan interaktif, pendengar bisa melakukan interaksi langsung melalui sambungan handphone, sehingga pendengar bisa menanyakan apa saja yang ingin diketahui terkait pencegahan maupun permasalahan dalam mengatasi pandemi ini.

“Kami harap masyarakat lebih betah di rumah, khususnya pada sore dan malam hari karena kami melalui radio ini yang akan memberikan berbagai informasi, termasuk menghibur masyarakat melalui lagu-lagu daerah, pop, dangdut dan lainnya, bahkan pendengar juga bisa pesan lagu,” katanya. (mg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *