Samarinda— 10 warga Provinsi Kalimantan Timur Kembali dinyatakan terkonfirmasi Positif Covid-19, 8 warga diantaranya dari kluster Ijtima dunia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Penambahan 10 kasus per Sabtu 18 April 2020 tersebut, kini total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaltim menjadi 54 kasus.

“10 pasien tersebut 1 kasus dari Kota Balikpapan 2 kasus dari Kabupaten Paser dan 7 kasus dari Kabupaten Penajam Paser Utara,” hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim, Andi M Ishak saat video conference aplikasi zoom cloud video meeting.

Andi menjabarkan 1 kasus dari Kota Balikpapan dengan kode BPN 21 seorang laki-laki 34 tahun merupakan kasus yang dilaporkan dan dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo dengan keluhan demam, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, serta memiliki gambaran pneumonia bilateral.

2 kasus berikutnya dari Kabupaten Paser, 1 Kasus pertama dengan kode PSR 1, laki-laki 41 tahun merupakan pelaku perjalanan dari Gowa dengan keluhan batuk dan dirawat di RSUD Panglima Sebaya dan 1 Kasus dengan kode PSR 2 laki-laki 23 tahun) merupakan pelaku perjalanan dari Kota Samarinda dan Kota Balikpapan dengan keluhan Demam, batuk, nyeri tenggorokan, dan sesak nafas. Kasus dilaporkan dan dirawat di RSUD Panglima Sebaya.

Sementara 7 kasus berikutnya dari Kabupaten Penajam Paser Utara dengan kode PPU 5 laki-laki 45 tahun, PPU 6 laki-laki 45 tahun, PPU 7 laki-laki 14 tahun, PPU 8 laki-laki 47 tahun, PPU 9 laki-laki 32 tahun, PPU 10 laki-laki 20 tahun dan PPU 11 laki-laki 43 tahun. Tujuh kasus merupakan pelaku perjalanan dari Gowa (Sulawesi Selatan) dengan masing-masing memiliki keluhan demam, batuk, dan pilek. Kasus di rawat di RSUD Aji Putri Bontung Penajam Paser Utara.

Dirinya mengatan kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kaltim dari kluster Gowa (Sulawesi Selatan) adalah 21 orang. Dari 21 orang 12 diantaranya berasal dari Kabupaten PPU sementara sisanya masing-masing tersebar di Kabupaten Paser, Kutai Barat dan Kota Bontang.

Dengan melonjaknya kasus positif Covid-19, Adi mengingatkan agar warga Kaltim yang melakukan perjalanan dari daerah terjangkit utamanya dari kluster Ijtima Gowa (Sulawesi Selatan) disiplin melaksanakan isolasi Mandiri hingga masa inkubasi selama 14 hari.

Kemudian Andi juga menyebutkan terjadi penambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 23 kasus, yaitu 1 kasus dari Kabupaten Berau, 6 kasus dari Kabupaten PPU, 12 kasus di Kota Balikpapan dan 4 kasus dari Kota Samarinda, sehingga total PDP Covid-19 di Kaltim 352 orang.

Selanjutnya, kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan terdapat tambahan 28 orang dari total 6.015 kasus, selesai pemantauan 145 orang dan masih dalam proses pemantauan ada 1.144 orang. Untuk hasil negatif ada penambahan sebanyak 6 kasus yaitu 3 kasus dari Kabupaten PPU dan 3 kasus dari Kabupaten Paser.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *