Samarinda – Terjadi lonjakan yang signifikan dalam penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kalimantan Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara sedang diusulkan sebagai kota transmisi local penyebaran virus menakutkan ini.

Pelaksana Tuga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan sedang mengusulkan agar Kabupaten PPU menjadi transmisi local penyebaran Covid-19 mengingat jumlah orang yang terkonfirmasi Positif telah lebih dari sepuluh orang.

“Indikasi untuk menjadikan sebagai transmisi local sudah terpenuhi, sudah ada. Sedang kita usulkan sebagai transmisi local kepada Kementerian Kesehatan. Sehingga, penanganannya akan berbeda dengan kabupaten dan kota lainnya yang belum sebagai transmisi local,” ujar Andi, Senin sore (20/4/2020).

Sehari sebelumnya, Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud (AGM) yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengumumkan calon ibu kota negara tersebut sebagai transmisi lokal di Kaltim selain Kota Balikpapan.

“Kami melaporkan hingga 20 April 2020, terdapat 14 orang terkonfirmasi Positif virus Corona atau Covid-19. Ada tujuh orang dinyatakan positif pada hari Sabtu kemarin dan pada Senin kembali ada penambahan terkonfirmasi Swab sebanyak tiga orang,” ujar Abdul Gafur.

Abdul Gafur juga menyampaikan bahwa Kabupaten PPU menyatakan sebagai daerah transmisi lokal penyebaran Covid-19. Sehingga ia meminta seluruh masyarakat untuk disiplin untuk tetap berada di rumah dan mengenakan masker ketika harus terpaksa ke luar rumah.

Dijelaskannya, pasien yang terkonfirmasi positif tanggal 18 April 2020 lalu adalah pasien berasal dari Desa Girimukti, Kelurahan Nenang, Desa Labangka, Desa Babulu Darat dan Desa Labangka.

Sedangkan untuk pasien yang terkonfirmasi positif tanggal 20 April 2020 dari Kelurahan Nipah-Nipah, Kelurahan Petung, dan dari Desa Sri Raharja.

“Pasien yang terkonfirmasi positif pada hari Sabtu tanggal 18 April kemarin ada dua dari Kecamatan Penajam dan lima lainnya dari Kecamatan Babulu. Sedangkan untuk tiga orang tambahan hari ini konfirmasi positif dua orang berasal dari Kecamatan Penajam dan satu Orang berasal dari Kecamatan Babulu,” jelas Abdul Gafur.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *