Samarinda – Setiap hari ada saja penambahan baru orang yang diindikasikan terjangkit virus korona atau Covid-19 di Kota Samarinda. Seperti pada hasil rilis penyebaran Covid-19 di Hari Sabtu, 25 April 2020, terdapat penambahan Pasien Dalam Pemantauan di Kota Samarinda sebanyak lima kasus.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan masih terjadi peningkatan penularan Covid-19 di Kaltim karena masih rendahnya masyarakat menerapkan anjuran pemerintah, diantaranya dalam hal menjaga jarak.

“Kita harus meningkatkan kedisiplinan diri dan keluarga masing-masing seperti tidak bepergian ke daerah sumber penularan Covid-19, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan tidak beraktifitas di luar rumah untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Karena virus ini berkembang melalui droplet yang menular antara satu orang ke orang lainnya,” ujarnya dalam arahan sebelum rilis harian perkembangan Covid-19 di Samarinda, Sabtu (25/4/2020).

Dijelaskan penambahan lima kasus PDP di Samarinda, tiga kasus yaitu laki-laki masing-masing berusia 32 tahun, 50 tahun dan 65 tahun yang merupakan kluster Gowa.

“Ketiganya memiliki gejala sama seperti demam, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Satu kasus melakukan isolasi mandiri, satu orang dirawat di Gedung Karantina Bapelkes, seorang lainnya di RSUD AW Sjahranie,” jelasnya.

Sedangkan satu kasus lainnya yaitu laki-laki berusia 54 tahun yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta dengan keluhan demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan dan sesak nafas.

Satu kasus lainnya adalah laki-laki berusia 64 tahun yang merupakan PDP yang ditetapkan oleh klinis Dinas Kesehatan Samarinda dengan keluhan demam, batuk, pilek serta memiliki hasil rapid test reaktif.

Hingga Sabtu,25 April 2020, jumlah pasien Positif virus korona atau Covid-19 di Samarinda berjumlah 10 orang, Orang Dalam Pemantauan sebanyak 1.125 orang, Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 64 kasus dan Pasien Negatif berjumlah sembilan kasus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *