Samarinda– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kembali mencatat penambahan 2 kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 dari Kabupaten Kutai Timur.

“Hari ini penambahan dari Kutim, jadi total pasien positif menjadi 136 kasus,” hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Jum’at (1/5/2020).

Andi merincikan 2 kasus dari Kabupaten Kutim tersebut yaitu pertama KTM 19 laki-laki 52 tahun merupakan ODP sebagai pelaku perjalanan dari Gowa (Sulawesi Selatan). Kasus melakukan isolasi diri di rumah sejak 24 maret 2020, tanggal 20 april dilakukan rapid test dengan hasil reaktif dan kemudian di rawat di ruang isolasi RS Kudungga Sangatta.

Kedua KTM 20 wanita 51 tahun merupakan tracing kontak erat KTM 15 dari kluster Gowa (Sulawesi Selatan) yang memiliki keluhan pilek dan melakukan isolasi diri dirumah sejak 24 maret 2020, tanggal 20 april dilakukan rapid test dengan hasil reaktif, kemudian kasus dirawat di ruang isolasi RS Kudungga Sangatta.

Dengan begitu dari 136 kasus hingga hari ini di Kaltim, Kota Balikpapan masih menjadi kota dengan kasus positif Covid-19 terbanyak di Kaltim yaitu 32 kasus, disusul Kabupaten  Kutim 20 kasus, Kota Samarinda 19 kasus, Kabupaten Berau 19 kasus, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Barat 12 kasus, Kota Bontang 10 kasus, Kabupaten  Paser 6 kasus, Kabupaten Kutai Kartanegara 3 kasus danKabupaten  Mahakam Ulu belum memiliki kasus konfirmasi positif covid-19

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terjadi penambahan sebanyak 8 kasus yaitu 2 kasus dari Kabupaten Berau dan 2 Kasus dari Kabupaten Kutim dan 4 kasus dari Kota Balikpapan. Dengan begitu total PDP menjadi 552 kasus.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan bertambah 48 kasus dari total 7.969 kasus, selesai pemantauan 6.755 kasus dan masih dalam proses pemantauan ada 1.214 kasus.

Selain itu juga terjadi penambahan PDP dengan hasil negatif sebanyak 1 kasus, yaitu dari Kabupaten Kutai Timur, sehingga total negatif menjadi 222 kasus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *