Penajam — Semua kepala keluarga (KK) di Desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang berjumlah 3.179 KK, telah menerima bantuan bahan makanan dari pemkab setempat sebagai dampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

“Bantuan bahan pokok sehari-hari ini diberikan oleh Pemkab PPU sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah atas pandemi yang melanda. Bantuan ini pun sudah kami distribusikan ke masing-masing KK,” ujar Kepala Desa Babulu Darat, Abdul Zais di desanya. Minggu (3/5/2020)

Ia menuturkan bahwa bantuan ini tidak memandang masyarakat mampu atau tidak, namun semua mendapatkannya karena semua warga terdampak pandemi dan membatasi diri tidak ke luar rumah, maka bantuan ini sangat berarti untuk mengurangi warga ke luar rumah.

Bahan makanan yang diberikan ke masing-masing KK tersebut satu peket berisi 10 kilogram beras, 2 kardus mie instan, 1 rak telur ayam (30 butir), 2 kilogram gula pasir, dan 1 liter minyak goreng.

“Bantuan bahan makanan untuk Desa Babulu Darat, beberapa hari lalu diserahkan oleh Pak Sekda PPU, kemudian kami distribusikan. Pendistribusiannya bukan warga yang datang ke desa atau ke RT, tapi ada tim yang langsung mengantar ke rumah masing-masing warga,” ucap Zais.

Sementara Tohar, Sekda Kabupaten PPU usai menyerahkan bantuan itu mengatakan, di tengah pandemi COVID-19 dan pembatasan aktivitas seperti saat ini, maka pemda hadir untuk membantu kebutuhan warga melalui penyaluran bahan makanan.

Total bahan makanan yang diserahkan oleh Pemkab PPU mencapai 56.274 paket. Semua paket ini diperuntukkan bagi 56.274 KK yang tersebar di 54 desa/keluarahan pada empat kecamatan di PPU.

Dalam kesempatan itu ia menginstruksikan kepada jajaran mulai RT, desa, dan kelurahan, jika mengetahui terdapat warga yang terlewatkan, atau belum mendapat bantuan karena jumlah pendataan yang begitu banyak, maka diminta segera menyetorkan data susulan agar semuanya dapat bantuan.

Tohar melanjutkan, di tengah kondisi pembatasan aktivitas yang berdampak pada situasi ekonomi yang menurun, Pemkab PPU terus berupaya dan membatu warga melalui penyaluran bahan pokok yang langsung didistribusikan ke seluruh warga.

Proses pendistirbusian terus berlangsung ke desa-desa sampai semuanya kebagian, yakni pendistribusian yang dilakukan oleh Tim Percepatan Penanganan dan Pencegahan COVID-19, tim pendistribusian sembako, relawan, instansi terkait, dan jajaran TNI dan Polri.

“Bahkan distribusi juga dibantu sampai di tingkat bawah, semua mengoptimalkan proses dengan bergotong royong menjalankan giat kemanusian, termasuk sosialisasi prosedur kesehatan selama pandemi dengan harapan dapat menekan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” tuturnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *