KUKAR – Kabupaten Kutai Kartanegara telah terjadi penambahan sebanyak 10 kasus positif covid-19 yang tersebar di  3 kecamtan yakni 3 orang dari kecamatan Tenggarong, 1 orang dari kecamatan Samboja dan 6 orang sisanya dari kecamatan Muara Badak, yang diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Gowa , Sulawesi Selatan dan Magetan, Jawa Timur, Sabtu (02/05/2020).

Diantara 10 kasus tersebut ada 1 kasus dengan kode kukar 4 merupakan seorang wanita berusia 52 tahun yang  diketahui terjangkit oleh suaminya yang memiliki riwayat perjalanan ke Ijtima Ulama Internasional di Gowa Sulawesi Selatan.

Pasien ini tidak menimbulkan gejala covid-19 seperti batuk demam dan sesak nafas, namun setelah dilakukan rapid test dan swab tenggorok hasil keduanya menunjukkan reaktif dan terkonfirmasi positif covid-19, sehingga dipastikan mereka merupakan orang tanpa gejala yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit dapat menularkan virus ke orang lain. Dengan adanya kasus ini maka telah terjadi transmisi lokal di kabupaten Kutai Kartanegara khususnya di kecamatan Muara Badak.

“Dengan adanya pasien yang tertular COVID-19  karena ada riwayat kontak dengan salah satu klaster Gowa, maka dapat dikatakan bahwa di Kutai Kartanegara telah terjadi transmisi lokal khususnya di Kecamatan Muara Badak,” jelas Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dalam keterangan rilis kepada sejumlah wartawan.

Ditambahkan  saat ini masih ada 11 orang lagi yang menunggu hasil tes swab tenggorokan atau PCR dari Litbangkes Kemenkes di Surabaya dan semuanya tengah melakukan isolasi di wisma atlet GOR Aji Imbut Tenggarong Seberang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *