Penajam (4/5) – Kondisi 14 orang pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang dirawat di ruang isolasi RSUD Ratu Aji Putri Botung Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), hingga saat ini dinyatakan terus membaik dan dalam keadaan stabil.

“Ke-14 pasien COVID-19 yang maih menjalani perawatan di rumah sakit, hingga saat ini dalam kondisi baik. Mereka massih menjalani pengobatan dan perawatan insentif di ruang isolasi,” ujar Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung Jense Grace Makisurat dihubungi di Penajam.

Sebanyak 14 pasien yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung tersebut, merupakan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil pemeriksaan swab pertama.

Ia menuturkan bahwa semua pasien itu menunggu hasil pemeriksaan swab kedua dari Surabaya, setelah menjalani pengobatan dan perawatan insentif di RSUD sebelum diambil swab kedua beberapa hari lalu.

Dalam kesempatan itu, Grace juga mengimbau kepada masyarakat tidak bersikap berlebihan menghadapi pandemi ini, yakni dengan mengucilkan pasien COVID-19 maupun yang sudah sembuh, karena sebenarnya setiap orang yang sakit membutuhkan bantuan, terutama dorongan mental.

Ia juga berpesan kepada semua warga, terutama yang datang ke RS itu selalu menggunakan masker serta menjaga jarak aman, karena melalui cara-cara tersebut merupakan hal yang dapat memutus rantai penyebaran COVID-19.

Selain adanya 14 pasien positif COVID-19 yang dirawat, lanjut dia, ada satu orang warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), kemudian ada dua orang warga berstatus ODP (orang dalam pemantauan) juga diisolasi di RSUD Ratu Aji Putri Botung.

Namun secara umum kondisi para pasien COVID-19 tersebut sehat, kondisi fisiknya terus membaik, dan jika tidak memiliki penyakit lain, maka potensi kesembuhnya sangat besar.

Ia menuturkan bahwa rata-rata pasien masih berusia muda, kalau usia muda tanpa ada penyakit penyerta, maka potensi sembuh dari COVID-19 sangat besar, sehingga hal itu diharapkan terjadi pada pasien yang ada dalam penanganannya.

“Kondisi semua pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD semakin membaik, tidak ada yang memburuk. Semoga adanya pasien yang sembuh COVID-19 dari rumah sakit ini beberapa hari lalu, bisa menjadi penyemangat bagi mereka untuk sembuh,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa Ahmad Babani, pemuda berusia 21, merupakan pasien sembuh pertama dari COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara yang dipulangkan dari RSUD Ratu Aji Putri Botung setelah melalui prosedur pemeriksaan medis. (mg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *