Samarinda—Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Kebijakan itu resmi diundangkan pada 23 April 2020 meliputi 28 pasal.

Seluruh moda transportasi dihentikan pengoperasiannya guna mencegah penyebaran wabah Covid-19. Larangan sementara penggunaan sarana transportasi sebagaimana dimaksud pada ayat 1 mulai berlaku tanggal 24 April 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei 2020.

“Dengan adanya aturan turunan tersebut, Pemerintah tetap dengan tegas melarang kegiatan mudik untuk memutus rantai penyebaran Corona  dan Permenhub 25 tahun 2020 diharapkan menjadi acuan Gubernur untuk memberikan pengarahan kepada Bupati dan Walikota,”ucap Menhub ad interim Luhut Binsar Pandjaitan.

Menanggapi hal tersebut Gubernur Kaltim, H. Isran Noor di dampingi oleh Plt. Dinas Perhubungan Prov. Kaltim Hafid Lahiya akan meneruskan kepada Bupati dan Walikota sesuai dengan edaran yang telah diputuskan oleh Kementerian.

“Insya Allah, sesuai arahan Menhub peraturan tentang mudik lebaran dalam upaya pencegahan Virus Corona akan diteruskan ke Bupati dan Walikota serta Kepala Dinas Perhubungan se Kaltim agar segera diimplementasikan,” jelas Isran saat video confrence di ruang kerjanya, Senin(4/5/2020)

Meski begitu, Ia mengakui mudik lebaran bagi warga Kaltim tidak lagi antar pulau karena tidak ada akses menggunakan kapal laut dan pesawat terbang, yang hanya ada mudik dalam daerah saja seperti Samarinda ke Tenggarong, Balikpapan, Bontang, Kutim, Kubar, Paser, Penajam Paser Utara, Berau dan Mahakam Hulu atau sebaliknya.

Diakhir penyampaian sebelum menggelar shalat magrib untuk Waktu Indonesia Tengah (WITA) Isran berharap wabah Corona ini cepat berakhir sehingga masyarakat di seluruh tanah air bisa menyambut Hari kemenangan dengan rasa aman dan tidak was-was.

“Semoga saja Corona dalam bulan Ramadhan ini sudah hilang, sehingga masyarakat bisa menyambut Idul Fitri dengan penuh syukur dan tidak was-was ,”tutup Isran.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *