BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan meminta Dirjen Perhubungan Udara agar larangan operasional penerbangan di Bandara SAMS Sepinggan tetap berlangsung hingga 31 Mei 2020.

Permintaan tersebut untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Nomor 25 tahun 2020 mengenai larangan jalur penerbangan dengan pengecualian.

Beredar kabar bahwa Kementrian Perhubungan akan mengeluarkan izin penerbangan, khusus untuk perjalananan bisnis di beberapa jalur termasuk Bandara SAMS.

Informasi yang beredar izin itu akan diberlakukan mulai Minggu, 3 Mei, besok. Namun Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyebut, hingga saat ini Dirjen Perhubungan belum mengeluarkan surat edaran apapun.

“Tadi kita sudah teleconference dengan kepala otoritas bandara kanwil VII dan juga jajaran penerbangan. Sampai sekarang tidak boleh dan belum ada izin. Dirjen Perhubungan belum mengeluarkan izin apapun alasannya,” ujar Rizal kepada media di Balikpapan, Sabtu (2/5/2020).

Sebagai langkah serius menindaklanjuti hal ini, pemerintah kota pun berjaga dengan melayangkan surat ke pemerintah pusat untuk menunda rencana tersebut.

Pemerintah Kota tak mengizinkan ada penerbangan komersial, kecuali penerbangan cargo dan charter yang memang masih diperkenankan.

Hal ini dilakukan tak lain dengan beberapa pertimbangan, dimana Kota Balikpapan menjadi kota yang rentan tertular dan sudah menjadi wilayah zona merah Covid-19.

“Penerbangan komersial kita minta tetap sampai 1 Mei, dengan pertimbangan lainnya. Ada penelitian dari Unhas, puncak pandemi covid-19 di kota Balikpapan itu terjadi pada bulan Mei,” jelasnya.

Dengan demikian, pemerintah kota pun menginginkan agar penerbangan bisa benar-benar diperketat. Ini dilakukan agar penyebaran Covid-19 di Kota Minyak bisa segera mereda.

Pertimbangan tersebut telah disampaikan dan telah disepakati, bahwasannya penerbangan komersial ditiadakan terlebih dahulu sembari menunggu surat dari Dirjen. Adapun surat Walikota Balikpapan juga masih diminta untuk dapat menunggu jawaban.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *