BALIKPAPAN – Kota Balikpapan telah ditetapkan sebagai zona merah Covid-19 dengan jumlah penderita yang meningkat setiap harinya.

Menanggapi hal tersebut, Relawan Bantuan Darurat (BANDA) Indonesia melakukan aksi produksi massal gentong air untuk mencuci tangan, Minggu (3/5).

Kegiatan yang didukung oleh PT. TranskonJaya, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI) KALTIM korda Balikpapan dan PT. Berau Coal tersebut bertujuan untuk membantu pemkot dalam aksi menekan peningkatan dan penyebaran virus Covid- 19.

“Untuk periode awal, Banda Indonesia akan menyesuaikan anggaran kantong relawan dengan memproduksi 150 gentong, dimana gentong yang digunakan adalah bekas wadah kaporit yang dibeli secara urunan dan dipasangi keran setelah dibersihkan,” kata ketua Banda Indonesia, Andreanus Pamudji.

Proses pembuatannya mengerahkan seluruh anggota relawan untuk membersihkan, mengebor dan memasangi keran air.Adapun gentong tersebut dapat menampung hingga 15 liter air.

Selain membuat gentong cuci tangan, para relawan Banda Indonesia juga tetap melakukan penyemprotan disinfektan selama bulan Ramadhan yang dilakukan setelah kegiatan buka puasa.

“Untuk masyarakat yang ingin dilakukan penyemprotan gratis, dapat mendaftarkan diri dengan mengikuti prosedur administrasi sesuai permintaan RT dan menghubungi hotline kami di 0812- 1111-17470,” tambahnya.

Lebih lanjut, Banda Indonesia juga melayani penyaluran sembako dari para donatur yang akan disalurkan secara gratis dan diantar langsung ke tempat tujuan yang diinginkan oleh para donatur

“Semoga upaya dari relawan Banda Indonesia dapat membantu Pemkot Balikpapan dalam aksi menekan penyebaran virus Covid- 19,” harapnya. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *