BALIKPAPAN – Kota Balikpapan hari ini kedatangan alat tes polymerase chain reaction (PCR), yang diberikan khusus dari Kementrian BUMN untuk RS Pertamina Balikpapan.

Disampaikan Kepala Dinas kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty alat tersebut saat ini sedang dalam proses pemasangan.

“PCR untuk RSPB sudah datang. Tahapannya pertama akan diinstal dan dilakukan uji fungsi. Setelah itu para tenaga ahli disana akan mencoba dulu,” ujar Andi Sri Juliarty, Selasa (5/

Sementara kabar gembira itu terus menyebar, kabupaten/kota lain se- Kalimantan Timur pun berharap bisa mengirim sample swabnya ke RSPB.

Sebab hal ini dirasa lebih efisien karena waktu pengiriman akan lebih cepat dan lebih mudah untuk dijangkau.

Berkaitan dengan keinginan ini, pemerintah pun masih menunggu surat izin kerjasama antara Puslitbangkes dan Laboratorium RSPB.

“Tadi kami konsul kepada Kepala Dinkes Prov, karena semua pemeriksaan swab terkendali dari puslitbangkes jadi kita masih tunggu kabar. Mudah-mudahan ini cepat saja, sehingga kita bisa langsung kirim,” jelasnya.

Mengenai tahapan penggunaan PCR, lanjutnya, pasien tetap melewati prosedur Rapid Test terlebih dahulu.

Jikalau memang ada indikasi terkait dengan Covid-19, maka barulah pasien akan dikirim swabnya dan di test dengan PCR.

“PCR itu harus berindikasi, jadi tidak bisa sembarang digunakan. Tentu dokter akan memeriksa dulu apabila ada indikasinya perlu di PCR maka akan ditest,” terangnya.

Proses pemeriksaan sample dengan menggunakan PCR memang dapat diketahui hasilnya selama 6 jam. Namun mengenai hal ini, RSPB akan memberikan hasil swab pada keesokan harinya.

“Memang cuma sebentar saja ini menyingkat waktu dari yang biasanya sebelumnya, kita harus menunggu rata-rata selama 14 hari,” katanya.

Berkaitan dengan masalah pembayaran, hingga kini pihak pemerintah masih belum mengetahui besarannya. Namun memang, pemvayaran test dengan PCR ini akan ditanggung oleh pemerintah.. (*)

Foto: Alat PCR iterima langsung oleh direktur RSPB Syamsul Bahri, MPH dan Kepala Laboratorium dr Suryani T, Sp.PK .

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *