Kukar – Lamanya waktu untuk mengetahui hasil Swab di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), menjadi permasalahan untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya. Biasanya hasil swab dikirim ke Litbangkes Surabaya (Jawa Timur) dan prosesnya mengantri bersama sampel – sampel yang juga dikirim dari daerah lain.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara saat ini sedang melakukan proses pembelian alat pemeriksa Polymerase Chain Reaction atau (PCR).

“Kita sedang memesan untuk pemeriksaan PCR ,” kata dr. Martina Yulianti, Kepala Dinas Kesehatan Kukar , sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kukar.

Diharapkan alat ini bisa segera datang, sebab dengan adanya alat ini bisa mengetahui hasil diagnosis dan lebih cepat mengetahui apakah sesorang terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak.

“Alat ini untuk mengetahui apakah pasien telah sembuh atau masih diperpanjang untuk perawatan,” jelas dr. Martina Yulianti.

Selain itu apabila ada yang meninggal dunia, bisa diketahui lebih awal apakah orang tersebut terjangkit virus corona dan di kuburkan dengan cara protokol Covid -19 atau tidak.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *