Penajam (14/5) – Dalam upaya menekan penyebaran virus corona jenis baru penyebab COVID-19, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam, meminta Tim Gugus Tugas lebih memperketat pintu masuk menuju kabupaten ini baik di pelabuhan maupun dari sisi darat.

“Kami minta penjagaan di pintu-pintu masuk wilayah Penajam Paser Utara baik dari sisi perairan atau melalui pelabuhan maupun di perbatasan sisi darat lebih diperketat, guna antisipasi penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19),” ujar Hamdam.

Ia menuturkan bahwa berdasarkan laporan yang pihaknya terima, masih ada beberapa lokasi yang menjadi akses lalu lintas orang untuk masuk dan ke luar wilayah PPU, seperti di Sepaku dan Maridan yang merupakan akses darat.

“Penjagaan perbatasan sisi darat dan juga pelabuhan harus lebih diperketat. termasuk melapis petugas posko dengan anggota TNI/Polri,” tegas Hamdam.

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki sejumlah pelabuhan dan perbatasan sisi darat yang dapat menjadi pintu masuk penyebaran COVID-19.

Kewaspadaan akan Virus Corona kata Hamdam, sangat penting sehingga pengawasan pintu masuk wilayah Penajam Paser Utara harus lebih diperketat.

“Pintu masuk wilayah Penajam Paser Utara banyak dan harus lebih diperketat pengawasannya untuk menekan penyebaran Virus Corona,” ucap Hamdam lagi.

Ia menyebut bahwa Pemkab PPU segera melakukan evaluasi terhadap kinerja Tim Gugus Tugas pencegahan dan penanganan COVID-19 setempat, terutama penjagaan di sejumlah pintu masuk baik melalui pelabuhan maupun perbatasan dari sisi darat.

“Kami akan evaluasi seberapa efektif penjagaan di pintu masuk pelabuhan dan perbatasan sisi darat, khususnya yang jauh dari kabupaten. Evaluasi kinerja Tim Gugus Tugas COVID-19 perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana langkah dan upaya yang telah dilakukan dalam pencegahannya,” ucap dia.

Hamdam juga menekankan pentingnya pemberian suplemen dan vitamin bagi petugas kesehatan di setiap puskesmas, karena mereka sebagai garda terdepan untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi semua lapisan masyarakat.

Ia pun kembali meminta masyarakat PPU untuk selalu waspada terhadap penularan virus jenis baru ini, sehingga warga diminta tidak ke luar rumah kecuali sangat mendesak, kemudian selalu memakai masker saat ke luar rumah, menjaga jarak, tidak bergerombol, dan selalu menjaga kesehatan serta mengkonsumi vitamin dan makanan bergizi agar tubuh imun. (mg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *