Samarinda—- Dalam dua (2) hari penyebaran kasus positif Covid-19 terjadi penurunan per harinya. Dimana pada Sabtu 16 Mei 2020 terkonfirmasi dua (2) kasus, sementara hari ini minggu 17 Mei 2020 kasus positif bertambah 1 kasus dari Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Meskipun terlihat ada penurunan jumlah kasus yang terkonfirmasi, tapi sekali lagi kita harus waspada karena masih ada 189 kasus yang masih menunggu hasil laboratorium,” hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak, saat video conference melalui aplikasi zoom cloud video meeting, Minggu (17/5/2020).

Andi menjelaskan penambahan satu (1) kasus dari Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan KKR 42 laki-laki 16 tahun pelaku perjalanan dari Magetan (Jawa Timur) yang telah dirawat di Wisma Atlet Kutai Kartanegara sejak 9 Mei 2020 dengan rapid test reaktif.

Dengan begitu lanjutnya, perkembangan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur hari ini terkonfirmasi sebanyak 254 kasus, sembuh 66 kasus, meninggal tiga (3) kasus dan masih dirawat sebanyak 185 kasus

Seiring meningkatnya kasus positif, tetapi disatu sisi juga terjadi penambahan pasien yang sembuh sebanyak tiga (3) kasus yaitu dari Kota Balikpapan, satu (1) kasus merupakan BPN 38 laki-laki 19 tahun, satu (1) kasus dari Kabupaten Berau yaitu BRU 5 wanita 20 tahun dan satu (1) kasus dari Kota Bontang merupakan BTG 8 laki-laki 21 tahun.

Kemudian, terkait Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada penambahan, totalnya tetap 745 kasus dan PDP dengan hasil negatif juga tidak ada tambahan tetap 301 kasus.

Selain itu sebut Andi, terjadi penambahan pada Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 59 kasus dari total 9. 351 kasus, selesai pemantauan 8.589 kasus dan masih dalam proses pemantauan ada 762 kasus.

Dirinya juga menghimbau masyarakat yang melaksanakan aktivitas diluar tetap menggunakan prinsip-prinsip social distancing untuk menjaga jarak dengan antara sesama, selalu menggunakan masker selama beraktivitas dan rajin mencuci tangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *